HAL-HAL INI BISA MEMPERKUAT DAYA INGAT ANDA !

Otak merupakan aset yang sangat berharga yang dimiliki oleh manusia, karena otak juga yang membedakan kita dengan yang lainnya.

Bahkan otak kita juga bisa jadi lebih jenius dari otak komputer, karena terbuat nya komputer itu adalah hasil dari pemikiran otak manusia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, otak manusia akan mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penurunan otak itu disebabkan oleh menurunnya daya ingat pada otak kita.

Tips Memperkuat Daya Ingat

Disini penulis memiliki tips agar dapat meningkatkan dan memperkuat daya ingat kita, yaitu diantaranya:

  • Niat dan bersungguh-sungguh

Setiap kita mau melakukan sesuatu perlu diawali dengan niat, karena dengan niat kita pun menjalankan sesuatu itu akan melakukannya dengan serius. Jika sudah menanamkan niat yang teguh kemudian lakukanlah dengan sungguh-sungguh agar ketika melakukan walau apapun rintangan atau masalah yang menghalangi kita tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan awal kita.

  • Banyak minum air putih

Pada dasarnya, otak itu terdiri dari 80% air. Seluruh kegiatan didalam otak sangat tergantung pada air. Jika kita kekurangan air maka otomatis otak kita akan dehidrasi atau kekurangan air, jika otak kita dehidrasi maka daya ingat kita pun ssecara tidak disadari akan menurun seiring kurangnya air yang ada dalam otak kita.

  • Melakukan senam otak

Melakukan senam otak dengan cara melakukan gerak silang. Gerak silang yakni melakukan gerak berlawanan antara anggota badan bagian kanan dan kiri. Dengan melakukan gerak silang ini akan dapat menyeimbangkan fungsi dari kedua belahan otak kita.

  • Melatih tangan kiri

Anggota badan bagian kiri berhubungan dengan otak kanan dan begitupun sebaliknya. Karena salah satu dari fungsi otak kanan adalah ngatan yang jangka panjang. Untuk memperkuat otak kanan kita maka kita harus sering-sering melatih tangan kiri kita dan melatih setiap kegiatan kita itu dengan menggunakan tangan kiri, misalnya kita harus sering melatih menulis kita dengan menggunakan tangan kiri, agar otak kanan kita berfungsi dengan baik dan dapat meningkatkan dan memperkuat daya ingat kita.

  • Sujud

Ketika kita sedang sujud maka posisi jantung berada tepat diatas otak kita, hal ini meyebabkan darah kita kaya akan oksigen. Dengan terisinya darah oleh oksigen dapat memperkuat daya ingat kita. Oleh karena itu ketika sujud lakukanlah dengan tuma’ninah atau kita bisa melakukan sujud kita dengan agak sedikit lama dari biasanya. Agar darah yang kaya akan oksigen dapat masuk kedalam otak kita.

  • Rutinkan tahajud

Karena diwaktu malam atau 2/3 malam itu solat dan do’a kita didengar oleh yang maha kuasa yaitu Allah SWT. Setelah tahajud kita bisa melakukan wirid dan berdo’a agar Allah meningkatkan dan memperkuat daya ingat kita.

  • Membaca dan menghafal Al-qur’an

Dengan kita rajin membaca dan menghafal al-qur’an secara tidak langsung kita itu sedang melatih daya ingat kita agar tetap kuat. Kalau membaca al-qur’an selain dapat memperkuat daya ingat kita juga barmanfa’at untuk memjaga penglihatan kita agar tetap jernih dan jauh dari penghilatan kabur atau remang-remang yang berefek kita harus memakai kacamata. Maka nya agar kita dijauhkan dari penyakit mins mulai dari sekarang rajin-rajinlah sekarang baca al-qur’an.

Tips Agar Tidak Mudah Pikun

Ada cara lain yang menurut penulis lebih mudah dan lebih asyik untuk dilakukan untuk memperkuat daya ingat kita agar tidak mudah pikun. Maka dari itu kita harus mulai untuk mengatur segalanya mulai dari tidur, makan dan proses pengendalian berat badan.

Dalam makanan sebaiknya untuk tidak memakan yang mengandung lemak yang berlebihan. Karena lemak bisa menyebabkan gangguan sistemperedaran darah atau kardiovaskular yang berpotensi menimbulkan demensia (Pikun). Mengkonsumsi teh, kopi dan kenari secara teratur dapat menangkal penurunan daya ingat kita.

Dari hasil penelitian univercity of california menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi dan teh setiap hari dapat menurunkan resiko pikun sebesar 40%.

Seperti yang dikutip dari laman Daily Mail, peneliti menunjukan bahwa pada usia 65 tahun keatas seseorang yang memiliki kebiasaan minum teh setiap hari memiliki ingatan 37% lebih tajam dibanding mereka yang tidak memiliki kebiasaan minum teh setiap hari. Sedangkan mereka yang memiliki kebiasaan minum kopi sedikitnya 5 x dalam seminggu, maka akan memiliki daya ingatan 20% lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang minum kopi.

Konsumsi makan tersebut dikombinasikan dengan olahraga yang teratur dan asupan vitamin D yang cukup akan meningkatkan kemampuan ingatan sebesar 40%.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates