Pengertian Perangkat Lunak Komputer (Software), Contoh, Fungsi dan Jenisnya

Perangkat Lunak komputer sudah menjadi hal yang sangat wajib digunakan bagi pengguna komputer atau portable komputer (Laptop) Perangkat lunak komputer disebut juga software komputer yang merupakan model lain dari hardware. Jika hardware berbentuk nyata 3 dimensi, jika software berbentuk virtual atau soft. Pengertian perangkat lunak komputer selanjutnya akan dijelaskan secara lebih detail beserta sedikit penjelasan tambahan.

Pengertian Perangkat Lunak Komputer

Apa itu perangkat lunak komputer? Perangkat lunak komputer adalah perangkat yang tidak berwujud secara bentuk nyata, yang merupakan bagian dari sistem komputer.

Perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data elektronik (digital) yang disimpan pada komputer dan juga diatur oleh komputer tersebut. Data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak atau software disebut juga sebagai penterjemah perintah-perintah yang dijalankan oleh pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras (hardware). Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Beranjak dari pengertian perangkat lunak tersebut, kita dapat mengetahui bahwa perangkat lunak atau software adalah berbeda dengan hardware. Software tidak berbentuk 3 dimensi yang dapat kita sentuh, sedangkan hardware berbentuk perangkat 3 dimensi yang dapat disentuh wujudnya. Walaupun secara bentuk dzatnya tidak dapat kita sentuh, akan tetapi kita dapat menggunakan perangkat lunak tersebut untuk mengoperasikan komputer, bahkan menjalankan perangkat keras itu sendiri.

Contoh Perangkat Lunak Komputer

Mungkin anda lebih mudah memahami pengertian perangkat lunak komputer dengan mengetahui apa saja contoh-contoh perangkat lunak komputer. Contoh perangkat lunak komputer diantaranya adalah:

  1. Antivirus
  2. Web Browser, Firefox, IE, dll
  3. Pemutar video
  4. Lembar kerja Excel
  5. Lembar Microsoft Word
  6. Adobe Photoshop
  7. Corel Draw
  8. Sistem operasi
  9. Malware
  10. Freeware
  11. Shareware

Contoh-contoh perangkat keras (hardware) computer adalah:

  1. Mouse
  2. Keyboard
  3. Layar monitor
  4. RAM (Random Acces Memory)
  5. Hard Disk
  6. Mother board
  7. Casing
  8. Power Supply
  9. Dll.

Fungsi Perangkat Lunak Komputer

Diantara fungsi perangkat lunak komputer adalah:

  1. Memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.
  2. Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.
  3. Membantu pekerjaan manusia, membuat pekerjaan lebih efisien

Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer

Perangkat Lunak komputer/Golongan Perangkat Lunak terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

1. Perangkat Lunak Sistem

Sistem Operasi / Operating System (OS)

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur hubungan antara komputer dengan perangkat keras (hardware) operasi dasar sistem, termasuk melakukan eksekusi terhadap software.

Contoh-contoh sistem operasi yang digunakan:

  1. Microsoft Windows
  2. Windows 95
  3. Windows 98
  4. Windows ME
  5. Windows NT 3.x
  6. Windows NT 4.0
  7. Windows 2000
  8. Windows XP
  9. Windows Server 2003
  10. Windows Vista
  11. Windows Server 2008
  12. Windows 7
  13. Windows 8
  14. Linux
  15. Android
  16. iOS
  17. Mac OS X

Bagian-bagian Sistem Operasi

  1. Mekanisme Boot
  2. Command Interpreter atau Shell; membaca input yang berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi-fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun perangkat lunak lain. Contohnya: Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Driver; mengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator.
  5. Handler; mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari error dan penggunaan sumber daya yang tidak diperlukan.

Bahasa Pemrograman (Program Language)

Bahasa pemrograman sering juga disebut dengan istilah Program Language, adalah sekumpulan intruksi dan aturan- aturan yang ditulis secara khusus kedalam bentuk kode- kode yang dapat dibaca oleh komputer untuk dapat melaksanakan fungsi dan tugas-tugas tertentu.

Program Utility

Adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat pada komputer yang dibuat untuk menunjang sebuah performa dan melengkapi kinerja Operating System atau sistem operasi, beserta mendukung dari segi keamanan pada komputer, misalnya AntiVirus.

2. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Program aplikasi pengolah kata dipergunakan untuk mengolah data berupa kata, seperti pengolahan naskah, skripsi, makalah, artikel, sertifikat, beserta teman-temannya. Contoh dari perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word, Open Office, Word Perfect, dan lain-lain.

Perangkat Lunak Pengolah Angka

Perangkat ini pada umunya berfungsi untuk mengolah data berbasis angka, menyelesaikan perhitungan ataupun fungsi counting. Dalam aplikasi ini kita akan dapat menyelesaikan perhitungan dengan akurat apabila kita menggunakan rumus dengan baik dan tepat. Contoh aplikasinya adalah : Loctus123, Microsoft Excel, dan sebagainya.

Perangkat Lunak Pengolah Presentasi

Adalah sebuah program yang difungsikan untuk merancang slide yang akan dipergunakan sebagai bahan materi presentasi dalam sebuah pertemuan, rapat, maupun seminar. Contoh dari program pembuat presentasi adalah Kpresentase, Microsoft Office Power Point dan lain lain.

3. Perangkat Lunak Pengolah Database

Merupakan software yang berfungsi untuk mengolah data dalam jumlah yang besar. Dengan menggunakan perangkat lunak yang satu ini  kita dapat menyunting maupun melakukan input data secara tepat dan akurat. Contoh dari aplikasi pengolah database ini adalah Microsoft Access, Foxpro, Dbase, Mysql dan lainnya.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates