Pengertian Akuntansi dan Kegunaannya

Akuntansi adalah salah satu mata kuliah atau pelajaran yang sebenarnya tidak sulit untuk dipelajari. Akuntansi sering dibayangkan susah dan ribet oleh mereka yang belum mendalaminya. Sama seperti materi-materi lainnya, tentunya butuh “passion” agar anda bisa belajar akuntansi dengan menyenangkan.

Akuntansi bisa didefinisikan macam-macam oleh setiap orang. Namun pada dasarnya, setiap penjabaran pengertian akuntansi yang diuraikan oleh masing-masing orang adalah mengarah pada tujuan dan maksud yang sama yaitu pengertian akuntansi itu sendiri. Lalu apa itu akuntansi sebenarnya?

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah serangkaian proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu entitas.

Para ahli juga telah memberikan definisi yang jelas mengenai apa itu akuntansi. Berikut ini adalah pengertian akuntansi menurut para ahli:

Heri (2009:1): “Akuntansi adalah sebuah aktifitas jasa, di mana fungsinya adalah memberikan informasi kuantitatif, terutama informasi mengenai posisi keuangan dan hasil kinerja perusahaan, yang dimaksudkan akan menjadi berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi (dalam membuat pilihan di antara berbagai alternatif yang ada)”.

Charles T. Horngren dan Walter T.Harrison (2007:4): “Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan”.

Firdaus A. Dunia (2013:4): “Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai aktifitas bisnis dari suatu kesatuan ekonomi”.

Haryono Jusup (2011:5): “Ditinjau dari sudut kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisisan data keuangan suatu entitas.”

Pengertian akuntansi di atas diambil dari berbagai sumber buku, diantaranya;

Dunia, Firdaus A. 2013. Pengantar Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Heri. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah 1. Cetakan Pertama. Jakarta : Bumi Aksara

Pihak yang Membutuhkan

Ada banyak pihak yang membutuhkan informasi akuntansi untuk keperluan masing-masing pihak tersebut. Pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi diantaranya adalah:

  1. Investor
  2. Kreditor
  3. Manajer
  4. Instansi Pemerintah
  5. Organisasi Nirlaba
  6. Pihak-pihak Lainnya.

Kegunaan Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi yang ditampilkan dalam Laporan Keuangan yang lengkap akan sangat berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkannya, lebih khususnya bagi entitas tempat beroperasinya suatu bisnis tersebut.

Beberapa kegunaan Informasi akuntansi diantaranya:

  1. Membuat perencanaan yang efektif, yang tentunya bisa dilakukan setelah mempelajari informasi akuntansi yang telah didapatkan. Disamping itu juga untuk pengawasan, serta pengambilan keputusan ekonomi yang tepat oleh pihak manajemen.
  2. Sebagai pertanggungjawaban entitas kepada para investor, kreditor, pemerintah, dan pihak lainnya.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates