Berikut ini Tips Bimbingan Skripsi buat kamu yang Semester Akhir!

Semester akhir merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kalangan mahasiswa, karena ini merupakan puncak mereka untuk menentukan apakah mereka berhasil ataukah tidak melakukan perkuliahan mereka selama 3 tahun lebih itu. Hal yang ditunggu-tunggu itulah ketika melakukan penyusunan skripsi, akan tetapi, hal ini tidak akan terlepas tentunya dengan yang namanya bimbingan skripsi ke dosen. Disini kita akan membahas tips bimbingan skripsi agar kita yang yang melakukan penyusunan skripsinya tidak merasa dipersulit oleh para dosen ataupun merasa jenuh karena sering sekali skripsinya itu di coret-coret dan selalu disalahkan oleh dosen pembimbingnya itu.

Jika kita salah sedikit aja misalnya mengenai komunikasi yang mungkin ini memang hal yang sepele, karena ketika kita berbicara komunikasi mungkin inilah hal yang menyangkut tentang mood kita atau pun mood para dosen pembimbing tersebut. Disinilah kita harus mampu membaca karakter para dosen pembimbing kita ini apakah mereka sedang dalam mood yang baik ataukah sedang dalam mood yang kurang baik. Karena hal ini juga berpengaruh terhadap proses bimbingan skripsi kita.

Dalam hal ini tidak sedikit dari kita (mahasiswa) kalau melakukan bimbingan skripsi pasti selalu mengaluh tentang hal ini dan hal itu. Baik mengenai dosen pembimbing yang tidak asyik, dosen pembimbing yang susah untuk ditemui ataupun dosen pembimbing yang sering PHP-in kita, banyak sekali karakter mereka yang memang sulit untuk kita tebak. Sebaiknya kita haruslah dari sekarang membuang jauh-jauh fikiran negative kita tentang para dosen pembimbing tersebut. Jika memang kita saat bimbingan mengalami hal tersebut maka kita lebih baik selalu ambil positifnya saja, karena mungkin para dosen pembimbing tersebut menemukan hal yang salah dalam karya penyusunan skripsi kita.

Dan perlu diingit pula segalanya itu perlu sekali adanya sebuah proses, semuanya itu tidak bisa kita lakukan secara instan, karena hal yang berharga itu adalah bukanlah hasilnya akan tetapi hal paling berharga itu adalah sebuah proses yang kita jalani sehingga membuahkan sebuah hasil yang baik. Hal itu juga sama hal nya ketika kita mengerjakan skripsi. Proses penyusunan skripsi inipun bisa kita ambil positifnya untuk bekal kita memupuk mental sebelum kita memang benar-benar terjun ke dunia sebenarnya misalnya memupuk mental ketika kita akan mencari dan ingin mendapatkan sebuah pekerjaan, karena tidak hanya yang kita butuhkan itu hanya sebuah kelimuan akan tetapi mental dan kerja keras kita pun sangatlah kita butuhkan.

Berbicara mengenai bimbingan skripsi mungkin tidak akan ada habisnya, karena memang hal yang paling tidak bisa kita lupakan. Nah, disini akan saya bagikan pengalaman saya mengenai tips bimbingan skripsi, agar sahabat-sahabt semua tidak merasa selalu kebingungan dan ketakutan dalam hal melakukan bimbingan skripsi ini.

Berikut ini Tips Bimbingan Skripsi buat kamu yang Semester Akhir!

Tentukan dahulu judul yang akan kita ajukan sebagai skripsi.

Penentuan judul ini sangatlah penting karena kita tidak akan tahu hal apa yang akan kita teliti jika kita tidak tahu judul apa yang akan kita angkat. Dalam penentuan judul pun kita tidak boleh asal memilih karena kita harus benar-benar tahu dan paham menganai judul yang akan kita angkat, tidakahanya judul kitpun harus menentukan identifikasi masalahnya, masalah apa saja yang terjadi dalam judul kita itu karena berkualitas tidaknya skripsi kita ini bisa dilihat dari penemuan masalah yang kita cantumkan disana, bisa jadi jika kita tidak tepat dalam melakukan identifikasi masalah, judul skripsi kita pun nanti nya akan ditolah oleh dosen pembimbing.

Tentukan terlebih dahulu fokus tempat penelitian.

Penentuan tempat penelitian juga hal yang penting dilakukan karena hal ini tidak bisa terpisahkan antara penentuan judul kita dengan tempat penelitian yang akan kita datangi nantinya

Siapkan Bahan yang akan kita bawa saat Bimbingan Skripsi

Melakukan persiapan saat akan melakukan bimbingan skripsi ini sangatlah penting, karena ketika kita sudah berhadapan dengan dosen pembimbing, mungkin saat pertama kali kita akan merasa gugup dan bingung apa yang nantinya akan ditanyakan oleh dosen pembimbing, nah, disinilah kita perlunya melakukan persiapan bahan saat akan melakukan bimbingan skripsi, bahan yang harus kita siapkan yaitu antara lain:

  • Alat Tulis (Buku catatan, pulpen dan skripsi yang akan kita sodorkan ke dosen pembimbing)

Ketika kita melakukan bimbingan tentunya nanti dosen akan memeriksa skripsi kita, dan pastinya dosen pembimbing akan mencoret dan ngasih tahu di bagian skripsi kita yang mana yang salah. Disinilah perlunya kita membawa alat tulis/catatan, agar nantinya kita bisa mencatat apa saja yang perlu di revisi dalam skripsi kita. Karena maaf jika kita mengandalkan coretan dan tulisan dari dosen pembimbing kadang kala tulisannya tidak lengkap ataupun bahkan sulit untuk dibaca tulisan para dosen pembimbing kita itu.

  • Skripsi yang sudah Direvisi

Setelah melakukan bimbingan tentunya skripsi kita itu ada yang di coret dan harus di revisi. Sepulang kita bimbingan  kita langsung mencari bahan dan lakukanlah segera revisi, sebelum kita menjumpai penyakit malas kita. Dan saat kita melakukan  bimbingan lagi pun kita harus membawa skripsi yang sudah di coret oleh dosen pembimbing kita dan bawa juga skripsi hasil revisian kita itu, agar nantinya tidak terulang kembali kesalahan yang sama (maksudnya skripsi yang sudah di coret itu tidak kembali dicoret, karena sudah direvisi).

Atur Jadwal dengan Dosen Pembimbing Skripsi

Karena proses bimbingan skripsi ini kita lah membutuhkannya, maka alangkah lebih baiknya kita meminta kepada dosen pembimbing (dosbing) kita agar memberitahukan waktu kapan yang tepat dan tidak menggangu jam kerja atau mengajar dosen pembing tersebut, hal itu bisa kita lakukan dengan menggunakan sms tentunya dengan sms yang sopan.

Hargai Waktu

Saat dosen menjadwalkan kepada kita harus datang bimbingan skripsi pada hari dan jam yang sudah ditentukan kita haruslah datang sebelum jam yang sudah ditentukan, karena melakukan kedisiplinan itu sangatlah penting, karena hal itu juga membuktikan akan keseriusan kita dalam melakukan bimbingan skripsi.

Tidak Merasa Bosan

Saat kita melakukan bimbingan skripsi tidaklah cukup dengan kita bolak-balik sekali atau dua kali melakukan bimbingan skipsi, kita harus terus melakukan bimbingan skripsi sampai kita dinyatakan sudah benar dan sudah ditanda tangan oleh pada dosen pembimbing kita.


Demikian sedikit pengalaman yang dapat saya bagi mengenai tips bimbingan skripsi. Semoga kita semua menjadi semangat dalam proses menuju kelulusan kita untuk mendapatkan gelar sarjana kita, terimakasih.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates