Tips Menghadapi Sidang Seminar Proposal Skripsi

Sidang seminar proposal skripsi merupakan tempat dimana kita harus mempertahankan judul skripsi kita agar judul skripsi kita ini dapat dipertahankan dan tidak diganti oleh para penguji dalam sidang seminar. Disinilah dibutuhkannya segala argumentasi kita dan segala pengetahuan kita untuk mempertahankan judul skripsi tersebut. Saat ini saya akan membagikan tips menghadapi sidang seminar proposal skripsi, agar nantinya teman-teman yang akan melakukan seminar proposal skripsi tidak gugup dan ada sedikit gambaran nantinya apa yang akan dihadapi ketika melaksanakan sidang seminar proposal skripsi.

Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan sidang seminar proposal skripsi agar nantinya teman-teman memang benar-benar siap menghadapinya dan tidak terlihat bodoh ketika melakukan presentasi dihadapan para dosen penguji di sidang seminar proposal skripsi.

Sidang seminar proposal skripsinya sangat beragam pelaksanaannya, ada yang dipanggil satu persatu masuk kedalam ruangan adalah yang dipnaggil sekaligus semua nya masuk ke dalam ruangan, akan tetapi presentasinya mah tetap satu persatu dan peserta sidang seminar proposal skripsi lainnya menunggu dan duduk di belakang sambil memperhatikan presentasi temannya tersebut.

Dalam seminar proposal skripsi ini tidak sedikit nantinya pertanyaan yang akan dilontarkan oleh para dosen penguji makanya kita haruslah benar-benar siap menghadapinya, misalnya ditanya tentang judul skripsi kita, identifikasi masalah, ditanya tempat penelitian yang nantinya akan dilakukan oleh kita, dan yang terpenting metode penelitian apa yang nantinya akan kita pilih untuk proses pembutan skripsi kita itu nantinya, jika kita menjawab pertanyaan para dosen penguji itu dengan asal-asalan maka janga heran kita nantinya proposal skripsi kita itu akan dilempar ke depan mata kita karena dianggap proposal skripsi kita itu dibuat dengan asal-asalan dan tidak ada alasan yang tepat kenapa skripsi kita itu dibuat.

Tips Menghadapi Sidang Seminar Proposal Skripsi

Berikut ini beberapa tips menghadapi sidang seminar proposal skripsi, yaitu sebagai berikut:

Siapkan slide power point

Tidak hanya perlu banyak belajar untuk mempelajari judul proposal skripsi kita, akan tetapi dibutuhkan juga membuat slide power point agar nantinya kita dalam penyampaian presentasi kita itu menjadi sedikit menarik dan menjadi mudah dipahami oleh para penguji kita, karena dalam melakukan presentasi itu hal yang terpenting adalah bagaimana kesan pertama kita dihadapan audiense. Jika kesan pertamanya sudah tidak menarik apalagi membosankan maka sudah dipastikan presentasi kita pun tidak akan diperhatikan oleh para audiense. Begitu pula dengan sidang seminar proposal skripsi perlu juga adanya sebuah slide power point dalam melakukan presentasi kita.

Kita jelaskan mengapa kita megnambil judul skripsi itu, identifikasi masalah apa saja yang terjadi di lapangan, dan kita akan mengambil objek penelitian dimana saat kita melakukan pembuatan skripsi tersebut. Kemudian yang terpenting adalah dalam penyusunan skripsi kita itu, kita akan menggunakan metotde yang bagaimana nantinya. Jika sudah mempersiapkan hal sedemikian rupa itu, sudah dipastikan kita tidak akan menemukan kesulitan ketika kita melaksanakan sidang seminar proposan skripsi.

Siapkan buku referensi skripsi

Hal yang terpenting berikutnya adalah siapkan buku reverensi apa saja yang harus dipersiapkan, tentunya buku reverensi itu sesuai dan berkaitan dengan proposal skripsi yang akan di presentasikan tersebut. Buku reverensi ini sifatnya tidak wajib, Cuma sebagai bahas pembantunya kita saja atau sebagai tambahan pendukung biar skripsi proposal skripsi kita itu memang benar-benar tidak asal dan memang reverensi nya pun jelas adanya dan tertuang dalam buku. Buku reverensi kita itu tidak perlu dibawa semua, yang terpenting adalah memang benar-benar buku reverensi itu memang benar-benar penting dan banyak kita gunakan dan banyak dituangkan dalam proposal skripsi kita itu.

Foto kopi 4 rangkap proposal skripsi

Sebelum kita melaksanakan sidang seminar proposal skripsi, hal yang perlu kita lakukan adalah memfoto kopi hasil proposal skripsi kita itu sebgai 4 rangkap (1 rangkap untuk pegangan kita, dan 3 rangkap lainnya untuk dibagikan kepada dosen penguji kita) karena biasanya dalam sidang semianr proposal skripsi itu ada 3 dosen penguji yang nantinya akan menguji layak atau tidaknya proposal skripsi kita itu akan dilanjutkan atau tidaknya. Dalam hal inilah kita memang benar-benar dituntut kesiapan kita dan dituntut untuk lebih faham mengenai judul proposal skripsi kita itu, agar nantinya kita bisa mempertahankan proposal skripsi yang akan kita ajukan untuk pembuatan skripsi kita nantinya. Jika kita kurang kesiapan dan kurang pemahaman mengenai proposal skripsi kita itu bisa jadi judul atau tempat penelitian kita itu akan di rubah atau diganti oleh dosen penguji kita nantinya.

Siapkan mental dan argumentasi kita

Hal terpenting selanjutnya hal harus kita persiapkan adalah mental dan beberapa argunetasi untuk menghadapi sidang seminar proposal skripsi kita nantinya. Jika mental kita lemah dan sebelum sidang seminar proposal dimulai kita sudah ketakutan dahulu, maka sudah dipastikan kita tidak akan mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan oleh para dosen penguji, bahkan untuk mempresentasikan proposal kitanya pun akan menjadi acak-acakan dan tidak akan berjalan sesuai dengan yang sudah kita rencanakan dan kita harapkan. Oleh sebab itu, pentingnya sebuah mental itu dipersiapkan dan dipertahankan. Jika mental kita sudah dipersiapkan maka setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh para dosen penguji pun kita akan sanggup menjawabnya dengan segala argumentasi kita dari berbagai reverensi yang memang sudah kita pelajari sebelumnya.

Sebuah argumentasi itu kita akan sempurna dilontarkan jika kita tidak mempunyai skill dan keilmuan sebelumnya. Maka dari itu sebelum pelaksanaan sidang seminar proposal skripsi itu kita harus rajin membaca beberapa buku yang akan sangkut pautnya dengan proposal skirpsi kita agar kita tidak kehabisan bahan reverensi untuk menjawab segala pertanyaan dari dosen penguji.

Etika dalam penyampaian argumentasi

Dalam hal menjawab segala pertanyaan dari para dosen penguji kita pun tidak boleh mengenyampingkan etika kita terhadap seorang dosen, kita harus menyampaikannya dengan sopan santun dan selalu dengan argunentasi yang memang ada reverensinya, tidak hanya asal ucap jawab menjawabnya.
Demikianlah sedikit pengalaman yang dapat saya bagikan mengenai tips mengahadapi sidang seminar proposal skripsi, semoga bermanfaat untuk kita semua.  Terimakasih.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates