Persiapan Menghadapi Sidang Skripsi

Hal yang paling mendebarkan adalah ketika kita menghadapi sidang skripsi. Karena disinilah kasil karya kita ini dipresentasikan dan lagi hasil perkuliahan yang sekian lama itu dipertaruhkan dalam sehari itu juga. Maka dari itu kita harus benar-benar mempersiapkan nya agar nantinya kita tidak menyesal apalagi jika kita disuruh mengulang lagi melakukan jadwal ulang lagi dalam melakukan sidang skripsi.

Skripsi adalah istilah yang digunakan di negara indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil dari penelitian sarjana (S1) yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi ini bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mempu menulis skripsi inilah yang dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan kaidah keilmuan yang diambilnya.

Sedangkan sidang merupakan bagian yang ditunggu-tunggu, atau mungkin juga suatu hal yang sangat ditakuti oleh mahasiswa semester akhir setelah diberikan persetujuan selesai penyusunan skripsi oleh para dosen pembimbing. Mungkin juga teman-teman yang saat ini masih kuliah tidak lama lagi juga akan mengalami dan menghadapi yang namanya sidak skripsi. Beberapa pendapat dari yang sudah menghadapi sidang skripsi ini adalah mengalami beberapa efek samping yang dialami seperti mendadak terkena serangan mules perut, sakitkepala, panas dingin, gelisah dan masih banyak lagi efek samping yang dihadapi oleh sebagian para mahasiswa yang menghadapi sidang skripsi.

Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti dalam hal menghadapi sidang skripsi ini, mengenai hal ketakutan dan fek samping yang terjadi ini merupakan sugesti dari kitanya sendiri. Apabila kita mempersiapkan mental dan materi keilmuan kita sedang baik, tentunya kita dapat menghindari segala macam efek samping dan rasa takut tersebut saat menghadapi sidang skripsi.

Akan tetapi dalam melakukan sidang skripsi dalam proses penyusunan skripsi ini tidak hanya melakukan pengajuan proposal, seminar proposal, bimbingan skripsi, dan juga penelitian skripsi. Akan tetapi ada juga pengujian hasil skripsi oleh dosen penguji. Disinilah kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar dalam menghadapi sidang skripsi kita tidak mengalami kesulitan sedikitpun. Kali ini saya akan membagikan tip mengenai menghadapi sidang skripsi agar kita sedikit tidak merasa ketakutan atau kebingungan saat waktunya tiba.

Persiapan Menghadapi Sidang Skripsi

Berikut ini beberapa tips menghadapi sidang skripsi:

Kuasai Materi Skripsi

Penguasaan materi skripsi itu sangatlah penting, karena saat pelaksanaan sidang skripsi kita nantinya akan ditanya dengan beragam pertanyaan dari para dosen penguji mengenai isi dan hasil dari penelitian skripsi kita tersebut. Jika kita tidak menguasainya maka sudah dipastikan kita akan mati kutu ketika berhadapan dengan dosen penguji. Masa iya skripsi itu kita yang buat, kita yang melakukan penelitian, tapi kita tidak mampu menguasai materi dan hasil penelitian kita sendiri. Nah, maka dari itu kita jangan sampai mengalami hal tersebut, oleh sebab itu kita harus mampu menguasai segala hal yang berkaitan mengenai penelitian skripsi kita.

Persiapkan Perangkat Pendukung

Selain kita harus mampu menguasai materi skripsi kita saat menghadapi sidang skripsi, kita juga harus mempersiapkan segala sesuatu perangkat yang dibutuhkan saat menghadapi sidang skripsi nantinya, baik dalam hal mempersiapkan slide power point, buku-buku reverensi, alat tulis, mental dan lain sebgainya. Agar nantinya kita memang benar-benar sudah siap menghadapi sidang skripsi tersebut. Apabila ada perangkat yang terlupakan ataupun terlinggal maka rasa percada diri kita pun akan berkurang ketika kita mempresentasikan materi skripsi kita tersebut.

Memakai Pakaian yang PAS

Dalam hal pakaian pun jangan kita anggap sepele, karena dengan kita memakai pakaian yang pas, rapih dan wangi kita akan dengan percaya diri dan leluasa melakukan presentasi skripsi kita di hadapan para dosen penguji. Tapi, jika pakaian kita tidak nyaman bau apalagi kucel, kita pun tentunya tidak merasa percaya diri melakukan presentasi skripsi di hadapan para dosen penguji. Apalagi jiga terjadi insiden ditengah- tengah presentasi kita, celana atau baju kita robek karena terlalu ketat, maka sudah dipastikan mental kita akan down secaradrastis, kita tidak akan percaya diri sedikitpun dalam melakukan presentasi skripsi.

Pahami Karakter Dosen Penguji

Memahami karakter para dosen penguji merupakan nilai tambah jika kita mampu membaca karakter dari para dosen penguji. Nilai tambahnya adalah kita nantinya tidak akan mengalami kesalahan dalam menjawab dan tidak dapat tertipu terkecoh oleh pertanyaan dari para dosen penguji kita itu, kemudian jika kita mampu membaca karakter para dosen penguji pun kita nantinya bisa mengatur ritme berjalannya persidangan karena jika kita salah dalam mengatur ritme, bisa saja mood para dosen pun akan berubah dan jika terjadi hal tersebut akan berimbas terhadap pertanyaan skripsi kita nantinya, bisa jadi nantinya mereka akan selalu mencari-cari kesalahan kita dalam sidang skripsi tersebut. Dan masih banyak lagi kelebihan dan keuntungan jika kita mampu membaca karakter para dosen penguji.

Berhati-hati dalam Menjawab

Berhati-hatilah dalam memjawab pertanyaan dari para dosen penguji, usahakan kita menjawab pertanyaan dari para dosen penguji itu, jawabannya tidak mengundang pertanyaan lagi, jawablah dengan seperlunya saja dan tidak bertele-tele tetapi jawaban kita itu tepat mengarah kepada pertanyaan dari para dosen penguji tersebut.

Serius tapi Santai

Lakukanlah presentasi skripsi tersebut dengan santai saja, jangan terlalu tegang. Akan tetapi dengan intonasi yang pas. Agar penyampaian presentasi skripsi kita itu dapat tersalurkan dengan jelas dan mudah dipahami oleh para dosen penguji.

Jaga Kesehatan Tubuh

Jika kita sudah mempersiapkan materi skripsi kita dengan baik dan sudah selesai mempersiapkan segala perangkat yang dibutuhkan dalam menghadapi sidang skripsi, akan tetapi daya tahan tubuh kita menurun, maka hal yang sudah kita siapkan itu akan percuma dan sia-sia. Oleh sebab itu kita perlu menjaga stamina dan kesehatan tubuh kita, agar nantinya kita dapat menghadapi sidang skripsi dalam keadaan fit.

Berdo’a

Selain kita harus berusaha dalam mempersiapkan segala sesuatunya, tapi jika tidak ada restu dari Allah SWT, maka usaha kita itu akan percuma dan berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapakan. Maka dari itu perlu kita juga berdo’a kepada Allah SWT, dan juga sebagai wujud rasa sukur kita kepada Tuhan kita.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates