Apa itu Insecure? Pengertian, Gejala dan Cara Mengatasinya

Insecure sebuah kata yang sering sekali kita dengar di media sosial ataupun dalam pergaulan sehari-hari. Mari kita pelajari pengertian, gejala dan cara mengatasi insecure.

Apa itu Insecure?

Insecure? Insecure adalah gejala kurang percaya diri cemas dan juga ketidakmampuan diri sehingga membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Orang yang insecure biasanya suka menyalahkan diri sendiri Ketika suatu hal tidak berjalan dengan baik. Orang insecure juga kurang memiliki kepercayaan terhadap orang lain. Orang insecure itu biasanya kurang memiliki kepercayaan diri yang baik biasanya mereka juga suka memamerkan kelebihan-kelebihan dirinya sendiri tetapi mereka tidak mengakuinya.

Gejala Insecure

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang terindikasi mengalami insecure:

1. Kurang menghargai diri sendiri

Kurangnya rasa percaya diri pada seseorang yang mengalami gejala insecure, menyebabkan kurang dalam menghargai diri sendiri bahkan memkamung rendah diri sendiri. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pengalaman yang kurang baik sebelumnya atau lingkungan yang sedang dihadapinya.

2. Cenderung menghindari interaksi sosial

Orang yang sedang mengalami insecure cenderung menghindari interaksi sosial. Ini disebabkan karena perasaan 'down', apalagi jika orang lain menceritakan berbagai prestasi-prestasinya, sementara orang yang sedang insecure ini cenderung kurang dalam hal pencapaian tersebut.

3. Ingin diakui dan dihargai

Orang yang sedang mengalami insekyur sangat senang sekali apabila mendapatkan pujian ataupun pengakuan ataupun penghargaan dari orang lain meskipun pujian ataupun pengakuan tersebut hanya hal-hal yang sepele. Contoh lain adalah ketika di dunia maya ataupun di media sosial orang insecure cenderung lebih sering melihat jumlah tanggapan atau komentar atau jumlah like.

Cara mengatasi insecure

Setiap masalah pasti ada cara mengatasinya. Begitu juga dengan perasaan insecure. Insecure bisa diatasi dengan meningkatkan kualitas diri. Melakukan berbagai perbaikan agar kualitas diri ataupun nilai diri menjadi lebih meningkat.

  • Kenali hatimu

Apa saja hal-hal yang membuat kamu merasa tidak nyaman sehingga kamu merasa insecure? Kamu harus bisa memahami apa yang sedang kamu rasakan kemudian cari penyebabnya. Kamu akan merasa lebih baik apabila kamu sudah mengetahui apa yang sedang kamu rasakan dan apa yang menjadi akar permasalahan sehingga kamu merasa insecure

  • Berfikir positif

Lawan segala pikiran negatif dengan memaafkan diri sendiri dan ambil pelajaran dari pengalaman yang pernah kamu lakukan kegagalan-kegagalan yang pernah kamu lakukan. Bangkitlah setelah kamu terjatuh. Perbaikilah diri bila kamu berbuat kesalahan, bukan Kamu malah menyalahkan diri sendiri dan terjebak dalam rasa membenci diri sendiri.

  • Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain

Dalam keadaan insecure, Kamu sebaiknya jangan terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Akan tetapi, fokuslah pada kehidupanmu sendiri dan juga fokuslah dalam meningkatkan kualitas diri jangan terlalu menghiraukan prestasi atau pencapaian orang lain apabila kamu justru merasa rendah diri.

  • Lakukan hal yang membuat kamu gembira

Apabila kamu memiliki hobi ataupun suatu kesenangan maka lakukanlah dengan sebaik-baiknya. Lakukanlah dengan gembira supaya kamu bisa terlepas dari rasa insecure, menjadi lebih rileks lebih tenang lebih nyaman lebih damai dan bahagia.

Bila Rasa insecure tidak kunjung hilang maka alangkah baiknya kamu konsultasikan kepada dokter ataupun psikolog terdekat agar kamu mendapatkan nasihat ataupun advice ataupun penanganan yang tepat

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates