Bagaimana Mencari Lowongan Kerja secara Efektif?

Banyak alasan bagi masing-masing orang berpikir untuk mendapatkan suatu pekerjaan baru. Bisa dikarenakan tidak puas dengan tempat kerja saat ini, bisa karena putusnya hubungan kerja (PHK), bisa karena memang belum pernah bekerja sebelumnya atau karena ingin mencari karir yang lebih baik di tempat lain.

Untuk memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan baru yang diinginkan, kita harus pandai-pandai dalam mencari lowongan pekerjaan. Bila tidak, kita akan banyak melewatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan di tempat yang mungkin memiliki prospek di masa depan yang cukup baik bagi kita.

Lalu, Bagaimana Mencari Lowongan Kerja secara Efektif? Agar tidak menghabiskan banyak waktu dan melewatkan banyak kesempatan, ada beberapa tips yang mungkin bisa anda gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan.

Berselancar di Dunia Maya

Dunia maya atau internet sudah menjadi salah satu cara yang sangat populer untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan menggunakan internet untuk mendapatkan informasi lowonan kerja yang sesuai dengan harapan anda:
  1. Gabung ke grup Informasi Loker (lowongan kerja) di seputar daerah tempat anda berdomisili. Anda bisa menggunakan sosial media Facebook ataupun Linkedin. Di sana anda juga akan bertemu dengan orang-orang yang juga mencari informasi lowongan pekerjaan. Jangan ragu untuk bertanya dengan sesama anggota grup, saling bertukar informasi, bahkan anda bisa janjian untuk bersama-sama ke bursa kerja ataupun job fair mencari lowongan kerja.
  2. Join di situs-situs informasi lowongan kerja seperti Jobstreet, JOBSDB, dan lain sebagainya. Buat akun di situs-situs tersebut, kemudian cari sebanyak-banyaknya informasi lowongan kerja yang nanda harapkann.
  3. Buka situs-situs perusahaan terkemuka dan cari informasi apakah perusahaan tersebut membuka lowongan kerja atau tidak. Buka menu career/karir dan lihat perusahaan tersebut membuka lowongan untuk posisi apa saja.

 

Pergi ke Bursa Kerja Khusus

Bursa Kerja Khusus atau sering disingkat BKK adalah tempat informasi lowongan kerja dan penyaluran kerja yang biasanya terdapat di sekolah-sekolah maupun kampus.

Hadir dalam Jobfair (pameran lowongan kerja)

Jangan lewatkan kesempatan hadir di Job fair . Di sana banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Referensi teman dan keluarga

Apabila anda memiliki teman atau keluarga yang sudah bekerja, jangan ragu untuk menanyakan apakah di tempat mereka bekerja masih menerima karyawan baru.  Anda bisa menitipkan lamaran kerja pada mereka.

Deimikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencari informasi lowongan kerja yang sesuai dengan harapan anda.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates