Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja

Setelah lolos dalam tahap tes tulis maupun tes psikotest, biasanya pencari kerja akan menghadapi sebuah tes wawancara kerja. Wawancara kerja ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana calon pekerjanya.

Dalam wawancara kerja, perusahaan akan menggali kelebihan dan kekurangan calon pekerjanya, apakah sesuai dengan kriteria perusahaan dan apakah calon pekerja tersebut cocok untuk menempati kekosongan posisi di perusahaan tersebut. Anda sebagai pencari kerja, sudah seharusnya melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi wawancara kerja yang mungkin akan menjadi proses paling penting diterima atau tidaknya anda di perusahaan tersebut.

Kesiapan ini sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat wawancara kerja. Jangan sampai anda melakukan kesalahan fatal dalam tingkah laku dan jawaban anda kepada pewawancara. Jangan sampai anda mengalami penyesalan karena anda kurang persiapan menghadapi wawancara kerja.

Menghadapi Wawancara Kerja

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum anda menghadapi sebuah wawancara kerja diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan waktu bebas untuk hari H wawancara kerja anda. Jika jadwal panggilan wawancara kerja anda berbenturan dengan jadwal anda yang lainnya, maka anda harus mengatur kembali jadwal anda. Anda harus meluangkan waktu untuk sebuah wawancara kerja. Batalkan atau tunda dahulu acara anda yang berbenturan waktunya dengan jadwal wawancara kerja anda.
  2. Buat daftar pertanyaan. Buatlah beberapa daftar pertanyaan yang seringkali diajukan oleh pewawancara pada saat wawancara kerja. Secara umum, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara relative sama. Anda harus mengumpulkan sebanyak-banyaknya pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setelah anda mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja, maka selanjutnya adalah menyiapkan jawabannya. Siapkan sebuah jawaban yang tepat dan meyakinkan pewawancara terhadap masing-masing pertanyaan yang akan diajukan nantinya. Anda harus memilih jawaban yang membuat nilai pribadi anda baik di mata pewawancara, tidak terkesan dibuat-buat, namun memang mencerminkan kepribadian anda yang sebenarnya.
  3. Siapkan pakaian yang tepat untuk wawancara kerja. Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh pewawancara adalah penampilan anda. Oleh karenanya anda harus mengenakan pakaian yang tepat pada saat hadir di sebuah wawancara kerja. Pada umumnya, pakaian yang harus dikenakan pada saat wawancara kerja haruslah bagus dan rapi. Sebagai referensi anda dapat mengenakan pakaian seperti berikut:
    a. Kemeja lengan panjang berwarna cerah, jangan terlalu banyak motif. Polos lebih baik.
    b. Celana panjang bahan. Pastikan celana tidak terlalu panjang. Sebaiknya panjang celana tidak sampai menutupi mata kaki.
    c. Gunakan sabuk yang elegan warna gelap.
    d. Gunakan sepatu resmi/sepatu pantofel
    e. Gunakan kaos kaki warna gelap.
    f.  Gunakan jam tangan di tangan kanan anda agar terlihat lebih elegan. Jangan gunakan jaket atau sweater ketika memasuki ruangan wawancara.
  4. Lamaran Lengkap berisi resume dan lampiran-lampiran sertifikat. Bagi anda yang mengirimkan lamaran via email, maka anda harus membawa lamaran lengkap dalam bentuk hardcopy pada saat menghadiri wawancara kerja. Ini akan memudahkan pewawancara dalam mengetahui diri anda lebih jauh dengan kelengkapan dokumen yang anda bawa.
  5. Istirahat yang cukup. Paling tidak 1 (satu) hari sebelum anda menghadapi wawancara kerja, anda harus memiliki istirahat yang cukup. Jangan sampai anda kurang tidur.
Setelah anda merasa cukup dalam persiapan menghadapi wawancara kerja, maka selanjutnya adalah selalu berpikir positif bahwa apapun hasilnya nanti adalah yang terbaik bagi anda. Terus berusaha semaksimal mungkin dan berdoa untuk mendapatkan pekerjaan yang memuaskan.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates