Mengatasi Grogi Saat Berkenalan

Bahasa Inggris memang tak terlalu familiar bagi kebanyakan orang. Apalagi jika harus mempraktikannya secara tiba-tiba, terutama berkenalan dengan orang asing menggunakan Bahasa Inggris. Tapi memang pengalaman pertama untuk berkomunikasi secara nyata menggunakan Bahasa Inggris akan membuat gugup atau grogi. Tapi kalau tidak pernah mencoba, kita tidak akan pernah belajar dan bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris tentunya. Jadi, penting untuk bisa menguasai diri dan mengatasi grogi sehingga bisa membuat kita nyaman mengobrol dengan siapapun menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk lebih detail mengenai perkenalan, baca dulu artikel: Cara Berkenalan dalam Bahasa Inggris

Mengatasi Grogi Saat Berkenalan

Grogi saat memulai percakapan

Bagi siapapun ketika baru pertama kali hendak berbicara dengan orang asing, akan takut jika melakukan kesalahan. Apalagi jika lawan bicara tidak memahami apa yang kita katakan. Bahkan hanya untuk berkenalan, kita tidak tahu bagaimana harus memulainya. Jadi yang harus kita lakukan adalah mengatasi grogi saat berkenalan menggunakan Bahasa Inggris. Tetapi untuk bisa mengatasi grogi tadi, tentu kita harus tahu dulu mengapa grogi itu melanda.

Sepertinya menjadi ciri khas dari orang Indonesia adalah malu. Malu untuk berbicara di depan orang banyak, malu untuk terlihat agresif dan lain sebagainya.

Takut salah. Rasa takut melakukan kesalahan akan membuat kita ragu-ragu. Meski penasaran untuk mencoba, tetapi keraguan tetap mendominasi hingga membuat gugup bahkan untuk berkata “Hello” atau “Hi”.

Grogi tadi menghambat akal untuk berpikir jernih sehingga akan cenderung bingung untuk memulai percakapan. Bahkan apa yang dikatakan lawan bicara saja tidak dapat dipahami dengan baik.

Mengatasi rasa grogi

Ketika sudah mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab rasa grogi melanda, tips berikut bisa membantu untuk mengatasi grogi saat berkenalan.

  1. Atur nafas ketika grogi melanda. Grogi akan membuat denyut jantung lebih cepat sehingga nafas akan memburu. Mengatur nafas agar lebih normal akan membantu agar lebih rileks dan santai.
  2. Atasi rasa malu dengan senyum dan menyapa dengan tulus. Sikap sopan akan membantu memberikan rasa nyaman untuk berbicara. “Excuse me” bisa menjadi pilihan untuk menyapa dengan sopan.
  3. Jujur ketika masih belum bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan Bahasa Inggris. Mengawali perbincangan dengan “Sorry I am a beginner to speak in English” akan memberikan pengertian pada lawan bicara sehingga dia akan memaklumi dan membantu.
  4. Saatnya perkenalkan diri dengan baik. Perlu diingat bahwa orang asing akan sangat menghargai jika kita memperkenalkan diri sebelum berbincang dan bertanya kepada mereka. Kemudian lawan bicara akan dengan senang hati membalas sapaan dan menyebutkan namanya.
  5. Biarkan obrolan mengalir sehingga lebih nyaman dalam setiap pembicaraannya.

Demikian tentang grogi saat belajar untuk berkenalan dalam Bahasa Inggris dan sedikit tips untuk mengatasinya. Semoga dapat membantu dan memberikan inspirasi untuk berani untuk mulai menggunakan Bahasa Inggris dengan percaya diri. Selamat mencoba.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates