Ternyata Otak Orang Biasa Bisa Dikembangkan Menjadi Jenius

Menjadi orang jenius – siapa sih yang tidak mau? Dengan menjadi orang jenius anda akan selalu disegani oleh orang lain. Pendidikan tidak menjamin orang untuk menjadi orang jenius, banyak cara untuk menjadikan anda jadi orang yang jenius selain dengan berpendidikan. Asalkan ada niat dan kemauan, dan mau melakukannya dengan sungguh-sungguh dan rutin maka tidak akan ada yang menghalangi anda untuk menjadi orang yang jenius. Berikut ini akan admin bagikan tips agar anda menjadi seorang yang jenius.

Tips Menjadi Orang Jenius

Ada 18 cara yang ampuh untuk meningkatkan IQ anda yang dapat menjadikan anda menjadi seorang yang jenius, yaitu:

1. Tarik nafas dalam-dalam

Dengan anda melakukan pernafasan dengan hidung dapat meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam dapat memberikat asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan sudah tentu pada otak anda, tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. Anda juga dapat melukannya dengan melakukan olahraga pernafasan.

2. Buatlah jurnal

Catharine M. Cox, seorang penulis buku pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti isaac newton, einstein, dan thomas jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Dan juga ingatlah bahwasanya thomas edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

3. Belajarlah sebanyak mungkin

Dengan mempelajari hal-hal yang baru maka anda pun secara tidak langsung akan menciptakan bagian dari aliran syaraf yang baru dalam otak anda. Orang yang pintar adalah orang yang mempunyai aliran arus syaraf yang lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran syaraf yang baru ketika manusia itu mempelejari hal yang baru ditemukan dalam hiudpnya. Dan juga dengan semakin beragam hal yang anda pelajari maka otak anda akan menjadi tambah pintar.

4. Belajarlah membaca cepat

Photo reading merupakan teknik yang sangat mudah untuk anda pelajari yang dapat membantu anda untuk memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu anda untuk dapat menginagat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan waktu anda disekolah. Meskipun banyak dari berbagai teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca. Dan photo reading merupakan sistem membaca yang mengajarkan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda ketika membaca. Pada dasarnya, photo reading dapat dilakukan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah untuk dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktunya. Bahan yang pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi.

5. Ambil waktu singkat untuk beristirahat secara berkala

Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat.

6. Gunakan akronim untuk mengingat informasi

Akronim merupakan suatu bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata. Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi dalam jumlah besar dan waktu yang singkat.

7. Sarapan pagi

Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masah, kinerja mental, daya ingat dan mood.

8. Gunakan tubuh anda untuk membantu anda mempelajari sesuatu

Brain gym (olahraga otak) merupakan program olah raga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul dennison. Brain gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut: pemahaman, konsentrasi, berpikir secara abstrak, daya ingat, keletihan mental, kemampuan menyelesaikan tugas, dan keseimbangan fisik dan koordinsi.

9. Meditasi

Menurut Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda.

10. Jauhi makanan yang mengandung gula

Karbohidrat dalam bentuk apapun seperti pasta, roti putih dan keripik kentang dapat membuat anda merasa lelah dan malas, dan akan membuat anda sulit untuk berfikir secara jernih.

11. Olah kecerdasan emosional (EI) anda

Olah kecerdasan emosional ini dengan tujuan memiliki kemampuan berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain.

12. Manfaatkan setiap waktu anda

Manfaatkan setiap waktu luang anda dengan mengasah otak anda dengan cara mengisi teka-teki silang ataupun sudoku.

13. Jogging

Seorang pakar menjelaskan bahwa dengan anda mengolah detak jantung dan berkeringat maka anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, membertajam kecerdasan anda, dan bekerja jadi lebih baik.

14. Latih semua indra anda

Anak-anak dan orang dewasa dibilang belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbal balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.

15. Latihlah gelombang otak alpha anda

Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus perdetik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

16. Konsumsilah anti oksidan

Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh anda termasuk pada sel otak anda.beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi diantaranya ialah: kismis, bluebarry, blackbarry, bawang putih, strawberri dll.

17. Gunakan intuisi anda

Dengan menggunakan intuisi anda akan memperluas kewaspadaan dan mengarahkan anda untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar anda.

18. Gunakan sistem pembantu memori

Sistem pembantu memori merupakan cara untuk mengingat daftar atau sering dikenal dengan istilah sistem objek angka.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates