Apa itu yang Dimaksud dengan Integritas?

Dalam dunia kerja, integritas adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh semua karyawan. Semua orang, terutama yang pekerjaannya berhubungan dengan bidang akuntansi dan manajemen dituntut untuk memiliki integritas. Integritas adalah suatu hal yang patut dimiliki oleh pemegang jabatan apapun demi keberlangsungan perusahaan.

Apa itu Integritas?

Kita mengetahui bahwa integritas adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang di dunia kerja. Namun terkadang kita tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan integritas itu sendiri. Kita hanya sering mendengar dan mengucapkannya, namun jika ditanyakan “apa itu integritas?”, kebanyakan kurang bisa menjelaskannya secara benar. Oleh karenanya perlu bagi kita mengetahui arti atau pengertian integritas.

Integritas adalah memahami apa yang benar dan salah. Mengetahui suatu ‘hal’ tersebut baik untuk dilakukan atau tidak baik untuk dilakukan., memegang teguh komitmen dan bangga terhadap apa yang dilakukannya secara benar.

Hal-hal yang dilakukan untuk menerapkan integritas dalam diri pribadi kita adalah:

  1. Menerapkan etika bisnis
  2. Melakukan apa yang dikatakan dan mengatakan apa yang dilakukan
  3. Menceritakan hal-hal yang baik mengenai perusahaan kepada pihak luar
  4. Melakukan apa yang dijanjikan, dan
  5. Berkomitmen

Meskipun dalam semua bidang pekerjaan memerlukan integritas, namun bidang akuntansi dan manajemen adalah suatu keharusan. Suatu keharusan untuk dimiliki bagi pemegang posisi pekerjaan akuntansi dan manajemen. Bayangkan jika seorang auditor sedang melakukan audit, kemudian auditee tidak memiliki integritas yang baik, maka dikhawatirkan akan menjadi temuan audit (audit finding) yang nantinya akan berakibat fatal. Kerugian yang diterima bukan hanya pada karyawan yang kurang memiliki integritas saja, namun perusahaan pun menanggung kerugian material dan non material.

Bagaimana cara agar memiliki Integritas?

Jika anda sudah mengetahui betapa pentingnya integritas bagi diri anda dan perusahaan tempat anda bekerja, maka selanjutnya cobalah untuk selalu memiliki sikap integritas dalam pekerjaan anda.

Hal-hal berikut bisa anda lakukan untuk meningkatkan integritas dalam diri anda:

  1. Berusahalah taat terhadap peraturan perundang-undangan
  2. Berusahalah taat terhadap peraturan perusahaan tempat anda bekerja
  3. Lakukanlah pekerjaan sebaik yang anda bisa, tanpa memandang seberapa hasil yang akan anda dapatkan nantinya
  4. Selalu jujur terhadap diri sendiri dan kepada orang lain jika anda melakukan kesalahan, tidak perlu malu dan tidak perlu takut mendapatkan sanksi
  5. Berkomitmenlah terhadap diri anda pribadi bahwa anda bisa memiliki sikap integritas kapanpun dan dimanapun anda bekerja.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates