Apa itu COD? COD artinya....

Apa yang dimaksud dengan COD?

COD adalah singkatan dari sebuah istilah berbahasa Inggris yaitu; "Cash on Delivery". Cash on delivery atau collect on delivery adalah sebuah metode pembayaran yang mempersyaratkan customer atau pelanggan membayar pada saat barang diterima. Pihak penjual mengirimkan barang ke pelanggan, kemudian pelanggan membayarnya bersamaan dengan ketika barang yang dibelinya tersebut diterima.

Jadi,... secara umum COD adalah pihak penjual mengirimkan barang ke alamat pembeli baik itu dilakukan sendiri ataupun melalui kurir pengantar barang.

COD bisa juga dilakukan dengan melakukan perjanjian bertemu di suatu tempat ketika pihak pembeli tidak ingin dikirimkan ke alamat rumah atau tempat tinggalnya. Pada intinya COD tetaplah sebuah sistem pembayaran yang dilakukan bersamaan pada saat barang diterima.

Bagaimana cara kerja sistem COD?

Sistem COD hanya bisa terjadi apabila ada kesepakatan antara pihak penjual dengan pihak pembeli. Dibutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi agar sistem COD ini bisa terlaksana.

Secara umum sistem ini lebih menguntungkan pihak pembeli. Sebaliknya, bagi pihak penjual tentunya memiliki risiko apabila pihak pembeli tidak mau menerima barang yang dipesannya.

Pada akhirnya pihak penjual tetaplah menawarkan sistem ini kepada pembeli demi profesionalisme nya sebagai pihak penjual dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Jangkauan Layanan COD

Meskipun COD (Cash on Delivery) adalah salah satu alternatif dari transaksi yang paling baik untuk melakukan bisnis online, akan tetapi ada beberapa pengecualian yang harus kita pahami. 

COD (Cash on Delivery) tidak bisa melayani seluruh wilayah.

Hal ini sudah jelas karena tidak mungkin barang dari jakarta diantarkan langsung kerumah pembeli yang berada di alamat aceh. Emangnya kita mau membayar tiket pesawat PP jakarta – aceh? Tentunya tidak bukan? Jadi, layanan COD (Cash on Delivery) biasanya terbatas untuk satu wilayah saja. Misalnya COD (Cash on Delivery) hanya untuk jakarta, COD untuk wilayah surabaya, COD untuk wilayah karawang, COD hanyan untuk wilayah bandung, dan sebagainya.

Untuk saat ini, dimana teknologi dan perkembangan semakin maju, sistem COD sudah menjangkau wilayah yang lebih luas. Bukan hal yang tidak mungkin, suatu saat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

COD (Cash on Delivery) kadang menggunakan tambahan ongkos kirim tertentu.

Hal ini juga wajar karena lokasi kita yang sudah berada diluar jangkauan layanan COD toko atau penjual tersebut. Contohnya misalnya sebuah toko berlokasi di karawang dengan memberikan layanan COD di karawang saja.

Kalau kita masih berada di wilayah karawang maka kita tidak akan dikenakan biaya tambahan, tapi kita jika berada diluar karawang maka ada kemungkinan kita akan dikenakan biaya tambahan seperti Rp 15.000 untuk diantar ke luar karawang. Bisa saja untuk diluar karawang yang cukup jauh jaraknya penambahan biaya pun akan semakin besar misalnya dikirim ke luar wilayah jawa barat bisa akan dikenakan tamnbahan biaya lebih dari Rp 30.000. karena setiap toko atau penjual mempunyai kebijakan masing-masing.

Jadi, pastikan bahwa toko tersebut memang menerima layanan COD. Jika masaih satu wilayah datangi saja langsung toko tersebut. Pastikan juga lokasi alamat kita sesuai dengan jangkauan layanan COD dari toko atau penjual tersebut. Jika diluar jangkauan kungkin akan dikenakan biaya tambahan untuk melakukan COD.

Tips melakukan COD (Cash on Delivery)

COD (Cash on Delivery) merupakan metode jual beli online yang dilakukan dengan cara bertemu langsung antara pembeli dan penjual ditempat yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Karena metode ini lebih aman dari pada menggunakan sistem transfer uang terlebih dahulu. Akan tetapi pelaksanaan COD ini banyak sekali yang menyalahgunakan, misalnya sering terjadinya tindakan kriminal, maka dari itu alangkah lebih baiknya kita berhati-hati ketika ingin melakukan COD (Cash on Delivery).

Beberapa tips aman untuk melakukan COD (Cash on Delivery), yaitu sebagai berikut:

Pastikan identitas penjual dan pembeli

Hal ini memastikan jika penjual dan pembeli benar-benar tidak mempunyai i’tikad jelek atau menipu. Hal yang perlu dipastikan adalah nama asli, alamat rumah, dan nomor handphone.

Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga kita jika barang yang kita beli ini ternyata palsu atau tidak sesuai dengan yang di iklankan. Dengan begitu kita bisa langsung menghubungi penjual dan mengembalikan barang tersebut.

Jangan melakukan COD sendirian

Maraknya terjadi tindakan kriminal di negara indonesia ini, maka dari itu langkah baiknya kita kita selalu waspada dan berhati-hati, apalagi pada saat kita akan melakukan transaksi COD sendirian sebaiknya itu dihindari guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Alangkah baiknya saat kita akan melakukan COD kita mengajak seorang teman. Gunanya mengajak seorang teman adalah bisa sebagai saksi transaksi agar tidak terjadi penipuan maupun perampokan dan juga menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat pelaksanaan COD.

Pilih tempat COD

Hal yang paling penting dilakukan adalah pilihlah tempat yang paling aman untuk melakukan COD demi keamanan masing-masing pihak. Tips untuk memilih tempat yang aman untuk COD, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilihlah tempat yang tidak sepi untuk menghindari tindakan kriminal.
  2. Pilih tempat yang ramai. Ramai dalam artian tidak terlalu banyak orang yang lalulalang disekitar tempat tersebut, hal ini sama juga untuk menghindari tindakan kriminal juga.
  3. Pilih ditempat makan atau cafe.
  4. Pilih ditempat parkir yang terdapat cctv.
  5. Jika ingin COD dipinggir jalan maka pilihlah didekat POS POLISI dan ada polisi yang berjaga di pos tersebut. Hal itu lebih aman dari pada didepan rumah orang.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa itu COD. Semoga bermanfaat bagi para pembeli online yang sering melakukan COD. terima kasih.

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates