Pengertian Manajemen Pemasaran (Marketing Management)

Sebelum belajar mengenai manajemen pemasaran secara menyeluruh, tentunya kita harus mengerti dulu apa itu pengertian manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran disini menjadi salah satu mata kuliah di jurusan akuntansi (penulis), dan mungkin juga dipelajari pada beberapa jurusan lainnya. Pada dasarnya setiap orang perlu tahu mengenai manajemen pemasaran, terutama bagi orang-orang yang terjun dalam dunia bisnis. Bagaimana memasarkan produk, bagaimana melakukan riset agar produk yang ditawarkan diminati pembeli.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Beberapa Ahli

Pengertian manajemen pemasaran berbeda-beda menurut beberapa ahli, berikut diantaranya :
  1. menurut William J. Stanton : manajemen pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
  2. menurut Kotler : manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
  3. menurut Dharmmesta dan Handoko : manajemen pemasaran adalah berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, untuk kemudian berkembang, dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
Nah, dari beberapa pengertian diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan, pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan produk  barang dan jasa untuk kelangsungan perusahaan dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Konsep Pemasaran dalam Manajemen Pemasaran

Konsep pemasaran adalah kegiatan perencanaan pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu kepuasan pelanggan. Segala aktifitas yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut. Dalam kegiatan pemasaran ada beberapa konsep pemasaran yang disebut 4P, yaitu :

  1. Product
  2. Price
  3. Placement
  4. Promotion

Posting Komentar

0 Komentar