Apa Itu Ensiklopedia?

Apa itu ensiklopedia? istilah ensiklopedia sering kali kita dengar di buku maupun internet. Tahukah kamu apa itu ensiklopedia? Ensiklopedia adalah kumpulan daftar kata-kata yg menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang  ilmu pengetahuan, yg disusun menurut abjad A-Z atau menurut disiplin ilmu. Didalam buku ensiklopedia biasanya dijelaskan tentang arti dari suatu kata, pengertian disertai sedikit penjelasannya.

Pengertian Ensiklopedia Menurut para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI); ensiklopedia adalah buku (serangkaian buku) yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan yang disusun menurut abjad atau lingkungan ilmu.

Menurut Suwarno (2015); ensiklopedia adalah suatu daftar subjek yang disertai keterangan-keterangan tentang definisi, latar belakang, dan data bibliografisnya disusun secara alfabetis dan sistematis. (Wiji Sowarno, Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011), hlm. 62.)

Menurut Abdul Chaer ensiklopedia adalah jenis kamus yang selain memberikan keterangan makna kata, juga memuat keterangan tentang sesuatu. (Abdul Chaer, Leksikologi dan Leksikograsi Bahasa Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta,. 2007), hlm. 205.)

Menurut Sugijanto ensiklopedia adalah bahan bacaan yang memberikan informasi berbagai hal yang mencakup berbagai bidang ilmu dan biasanya dilengkapi dengan ilustrasi, gambar, dan unsur media lain yang dapat membantu memahami konsep. (Sugijanto, Pusat Kurikulum Perbukuan Depdiknas, (Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemdikbud, 2008), hlm. 16.)

Situs yang merupakan ensiklopedia online terbesar di dunia adalah situs wikipedia.org, ensiklopedia online yang bebas ditulis dan disunting oleh siapa saja. Contoh situs ensiklopedia bebas berbahasa indonesia adalah id.wikipedia.org

arti ensiklopedia menurut situs britannica; 

Ensiklopedia adalah karya referensi yang memuat informasi tentang semua cabang ilmu pengetahuan atau yang membahas cabang ilmu tertentu secara komprehensif.

Halaman ini bisa kamu cari dengan berbagai kata kunci:
apa arti ensiklopedia, apa yang dimaksud ensiklopedia, ensiklopedia termasuk jenis teks non fiksi karena, contoh ensiklopedia.

referensi:

https://www.britannica.com/topic/encyclopaedia

WARNING: Copy Paste sebagian kalimat ataupun artikel utuh dari situs ini harus mencantumkan sumber dari situs ini. Lebih jelasnya Klik Disini
© Copyright 2022 ensiklopedia1.COM - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE & Best free blogger templates