Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Sangat beragam sekali para ahli mendefinisikan tentang manajemen, berikut ini akan di sebutkan beberapa pengertian manajemen menurut para ahli. Sebelum di paparkan pengertian manajemen menurut para ahli, tahukah kalian apa arti dari manajemen itu sendiri? Kenapa manajemen itu harus kita pelajari, memang apa fungsi dari manajemen itu? Jika kalian belum tahu apa arti dari manajemen, disini saya akan berbagi pengetahuan yang sudah saya pelajari arti dari manajemen itu sendiri.

Arti Manajemen

Kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno menagement, yang berarti “seni melaksanakan dan mengatur”.

Istilah  manajemen mengandung 3 pengertian, yaitu :

1.      Manajemen sebagai suatu proses,

2.      Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,

3.      Manajemen sebagai suatu seni (suatu art) dan sebagai suatu ilmu.

Dalam Encylopedia of the social sciences dikatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses dengan proses mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di selenggarakan dan di awasi. Manajemen dalam arti singular (tunggal) disebut manajer. Manajer ialah pejabat yang bertanggung jawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang di pimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.

Pengertian Manajemen menurut Para Ahli

berikut ini adalah pengertian manajemen menurut para ahli :

1.      Menurut Drs. Oey Liang Lee :

Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2.      Menurut Henry Fayol

Disebutkan ada lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

3.      Menurut The Liang Gie, 1982

Manajemen adalah unsur yang merupakan suatu rangkaian perbuatan yang menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

4.      Menurut George R. Terry, 1994

Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.

5.      Menurut Dr. Sp. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi”

Manajemen merupakan kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

6.      Menurut Ordway Tead yang di sadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management”

Manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

7.      Menurut Richard L. Daft (2002:8)

Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.

8.      Menurut Mulayu S. P. Hasibuan (2000:2)

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

9.      Menurut T. Hani Handoko (2000:10)

Manajemen merupakan bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

10.  Menurut James A. F. Stoner (2006: Organisasi.org)

Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

11.  Menurut Marry Parker Follet

Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.

12.  Menurut Oxford

Manajemen ialah the process of dealing with or controlling people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).

13.  Menurut Horold Koontz dan Cyril O’donnel

Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

14.  Menurut Lawrence A. Appley

Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

Demikian pengertian manajemen menurut para ahli, para ahli mengemukakan penegertian manajemen menurut pendapatnya masing-masing namun walaupun berbeda pendapat yang dilontarkan tetapi semuanya memiliki artian yang sama.

Fungsi-fungsi Manajemen

1.      Fore Casting, adalah kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. Misalnya suatu akademi, meramalkan jumlah mahasiswa yang akan melamar belajar di akademi tersebut. Ramalan tersebut dengan menggunakan beberapa indikator-indikator, misalnya jumlah lulusan SLTA dan lain sebagainya.

2.      Planning termasuk budgeting. Perencanaan ialah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

3.      Organizing atau pengorganisasian, adalah keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas-aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang jelas ditentukan terlebih dahulu.

4.      Staffing atau Asemmbling Resources, merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada sesuatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

5.      Directing atau Commanding, ialah berfungsi untuk mengkoordinasi kegiatan berbagai unsur organisasi agar dapat efektif tertuju kepada realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

6.      Leading, pekerjaan leading meliputi 5 macam kegiatan, yakni :

  • Mengambil keputusan,
  • Mengadakan komunikasi agar ada bahasa yang sama antara manajer dan bawahan,
  • Memberi semangat inspirasi dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak,
  • Memilih orang-orang menjadi anggota kelompoknya, serta
  • Memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha memcapai tujuan yang telah ditetapkan.

7.      Coordinating, yakni berfungsi untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama / tujuan organisasi.

8.      Motivating (pendorongan kegiatan), fungsinya berupa pemberian inspirasi, penyemangat, dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang dikehendaki oleh atasan tersebut.

9.      Controlling, yaitu berfungsi mengadakan penilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi sebagai apa saja yang sedang dilakukan bawahan dapat di arahkan kejalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah di gariskan semula.

10.  Reporting atau pelaporan, merupakan salah satu dari fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi baik secara lisan maupun tulisan sehingga yang menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.

Demikian sedikit artikel yang penulis terbitkan ini tentang pengertian manajemen menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Get Free Email Updates!

Signup now and receive an email once I publish new content.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

  • Share on Tumblr



Dilarang menyalin sebagian atau seluruh artikel ini tanpa memberikan LINK atau SUMBERNYA
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
3 votes, 5.00 avg. rating (98% score)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>