haji-mabrur

Pengertian Haji Mabrur

Haji mabrur berasal dari bahasa Arab “Hajjun Mabrur” yang berarti haji yang diterima.

Pengertian Haji Mabrur

Pengertian haji mabrur adalah haji yang maqbul atau diterima oleh Allah SWT. Disamping itu juga ada beberapa penjelasan mengenai pengertian mengenai haji mabrur menurut beberapa pendapat.

  • Al Hasan al Bashri berkata, “Haji mabrur adalah jika sepulang haji menjadi orang yang zuhud dengan dunia dan merindukan akherat” (al Dzakhirah al Katsirah hal 28 dan Tafsir al Qurthubi 4/142 dan 2/408).
  • Al Qurthubi mengatakan, “Para pakar fiqh menegaskan bahwa yang dimaksud haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori dengan kemaksiatan pada saat melaksanakan rangkaian manasiknya.
  • Dalam Tahrir Alfazh at Tanbih hal 152 karya an Nawawi disebutkan, “Menurut penjelasan Syamr dan lainnya mabrur adalah yang tidak tercampuri maksiat.

Menjaga kemabruran Haji

Untuk menjaga kemabruran Haji memang tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kemabruran haji tersebut, antara lain :

  • Melaksanakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.
  • Menghindarkan diri dari segala penyakit-penyakit hati seperti riya’, iri, dengki dan kesombongan.
  • Memperbaiki hubungan antar sesama manusia, khusunya sesama umat Islam.
  • Share on Tumblr




Dilarang menyalin sebagian atau seluruh artikel ini tanpa memberikan LINK atau SUMBERNYA
The following two tabs change content below.
Author di ENSIKLOPEDIA1.com. Founder Bahasa-Inggris.Org Memiliki hobi pada belajar hal-hal baru dan membagikannya melalui blog. Mulai melakukan aktifitas blogging sejak tahun 2010 dan dalam proses menjadi seorang fulltime blogger, seo specialist.
Pengertian Haji Mabrur
5 votes, 5.00 avg. rating (98% score)

Leave a Reply