Pengertian Aset Tetap  

05:47 Kategori artikel : Akuntansi,Akuntansi Keuangan

Aset tetap pada istilah PSAK 1 Revisi 1998 adalah aktiva, kemudian dilakukan revisi menjadi “aset tetap” pada PSAK 1 Revisi 2009. Aset tetap merupakan aset yang dimiliki oleh perusahaan yang diperoleh untuk kegiatan operasional perusahaan yang memiliki manfaat lebih dari satu periode akuntansi dan tidak ditujukan untuk dijual kembali. Aset tetap menurut para ahli memiliki definisi atau pengertian yang berbeda-beda, namun secara pemahaman pada dasarnya sama yaitu aset tidak lancar.

Pengertian Aset Tetap

Menurut Werner R. Murhadi (2013:21) : “Aset tetap (Fixed Asset) Long Term Asset atau Property, Plant, and Equipment (PPE) merupakan aset tetap yang dimiliki perusahaan dan memberikan manfaat lebih dari satu periode.”

Menurut Firdaus A. Dunia (2013:209) :
“Aset tetap (Plant assets atau Fixed assets atau Property Plant and equipment) adalah aset yang diperoleh untuk digunakan dalam kegiatan perusahaan untuk jangka waktu yang lebih dari satu tahun, tidak dimaksudkan untuk dijual kembali dalam kegiatan normal perusahaan, dan merupakan pengeluaran yang nilainya besar atau material.”

Menurut IAI melalui PSAK No.16 (2011:16.2) :
“Aset tetap adalah aset berwujud yang :
dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif; dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.”

Menurut Dwi Martani (2012:271) :
“Aset tetap adalah aset berwujud yang:
dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif; dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode”.

 

referensi :

A’ab Abdullah Fawzi. 2014. Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan PSAK No.16 (Studi pada Rumah Sakit Islam Karawang). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.

  • Share on Tumblr



Dilarang menyalin sebagian atau seluruh artikel ini tanpa memberikan LINK atau SUMBERNYA
Pengertian Aset Tetap
7 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Written by AK-Indonesia on March 16th, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>