Loading

Langkah-Langkah Belajar Akuntansi Bagi Pemula

Dalam belajar akuntansi, kita harus menggunakan langkah-langkah yang benar. Pembelajaran akuntansi harus berdasarkan tingkatan ilmu akuntansi yang paling dasar sampai akuntansi lanjutan. Di dalam belajar akuntansi kita mengenal sebuah siklus akuntansi. Di dalam siklus akuntansi itulah kita belajar sesuai urutan siklus akuntansi mulai dari yang paling awal.

Langkah-Langkah Belajar Akuntansi

  • Pahami Tentang Pengertian Akuntansi

Anda sedang belajar akuntansi – akan belajar akuntansi, sementara anda sendiri belum mengerti apa itu akuntansi. Tentunya anda akan sulit memahami pelajaran-pelajaran dalam akuntansi tersebut. Oleh karenanya pelajari dulu apa itu pengertian akuntansi.
  • Pelajari Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi adalah sebuah rangkaian dalam proses akuntansi. Siklus akuntansi dimulai dari :

menganalisis sebuah transaksi berdasarkan bukti transaksi » membuat jurnal, mencatat semua transaksi kedalam jurnal (pembukuan) » memposting jurnal kedalam buku besar (ledger) » membuat neraca saldo (trial balance) pada akhir periode yang berisi saldo untuk masing-masing akun » membuat jurnal penyesuaian (adjustment entries) » Laporan Keuangan » Jurnal Penutup » Neraca Saldo setelah Penutupan » Jurnal Pembalik

  • Belajar Persamaan Dasar Akuntansi

Jika anda ingin belajar akuntansi maka anda harus belajar persamaan dasar akuntansi. Ini sangat penting dan paling dasar untuk dipelajari. Di dalam persamaan dasar akuntansi, kita belajar menganalisis posisi debet dan kredit. Dalam menjurnal di dalam pembukuan, posisi debet ataupun kredit harus benar-benar tepat. Apabila terjadi kesalahan dalam menjurnal, maka juga akan mengakibatkan kesalahan pada proses akuntansi selanjutnya (siklus akuntansi).

  • Membuat Ringkasan Materi Akuntansi

Beberapa orang mungkin tetap mengalami kesulitan memahami materi-materi seputar akuntansi. Namun apabila terus-menerus belajar dan mencoba, tidak ada yang tidak mungkin. Semua orang bisa mempelajari akuntansi. Salah satu cara yang cukup ampuh adalah membuat ringkasan tentang materi-materi akuntansi. Membuat ringkasan berarti telah membaca materi. Membuat ringkasan membuat otak kita lebih mudah dalam memahami pelajaran, karena disaat membuat ringkasan berarti kita memahami materi kemudian menceritakan kembali (dengan singkat) materi-materi tersebut melalui secarik kertas.

  • Banyak Latihan dan Praktek

Apa gunanya kalau memahami akuntansi namun tidak bisa melakukan prakteknya. Salah satu tujuan belajar akuntansi adalah dapat membuat pembukuan, laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (PSAK maupun IFRS). Oleh karena itu disamping mempelajari akuntansi secara teori, juga harus dipraktekkan. Semakin sering berlatih – praktek maka kemampuan kita dalam akuntansi akan semakin baik, sehingga pada akhirnya kita benar-benar menguasai akuntansi.

  • Share on Tumblr



Dilarang menyalin sebagian atau seluruh artikel ini tanpa memberikan LINK atau SUMBERNYA
Langkah-Langkah Belajar Akuntansi Bagi Pemula
3 votes, 3.00 avg. rating (68% score)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>