Dasar-Dasar Manajemen Perpajakan

Dalam mempelajari ilmu perpajakan, kita juga harus tahu tentang dasar-dasar manajemen perpajakan. Bagaimana caranya membuat strategi perencanaan pajak dan bisnis. Mengelola bisnis agar tetap berjalan sesuai harapan dengan tetap membayar kewajiban perpajakan. Manajemen perpajakan menjadi hal yang yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua kalangan yang berkecimpung di dunia bisnis atau usaha. Dengan menerapkan strategi manajemen perpajakan yang baik, kita dapat mengoptimalkan pendapatan suatu usaha dengan lebih maksimal dengan mengefektifkan pembayaran pajak. Dengan kata lain, bayar pajak sekecil mungkin namun dengan upaya-upaya yang tentunya tidak melanggar peraturan-peraturan perpajakan ataupun hukum yang berlaku. Mengupayakan profit yang optimal, membayar pajak secara efektif.

Anda sedang membaca Ensiklopedia 1 : Dasar-Dasar Manajemen Perpajakan

Pengertian Manajemen Perpajakan

Manajemen perpajakan terdiri dari dua ilmu yang berbeda yaitu manajemen dan perpajakan. Manajemen sendiri berarti suatu proses pengelolaan, pengaturan dan pemberdayagunaan. Sedangkan perpajakan adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh warga negara atas suatu penghasilan yang didapat guna memenuhi kewajiban perpajakan untuk kepentingan umum / orang banyak. Contohnya untuk membuat jalan-jalan umum, untuk pembangunan fasilitas-fasilitas umum dan lain sebagainya.

Manajemen perpajakan adalah suatu upaya yang dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran suatu bisnis / perusahaan dalam hal pembayaran pajak. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang sebenarnya tidak mau dan tidak suka membayar pajak. Tidak ada seorangpun yang mau penghasilannya dikurangi untuk membayar pajak. Namun karena kesadaran akan pentingnya kewajiban perpajakan, kita tidak mungkin menghindari pajak. Setiap aktifitas kita tidak akan lepas dari pajak. Oleh karenanya, kita tetap harus membayarkan pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, kita bisa melakukan langkah-langkah efisiensi, langkah-langkah bijak agar meminimalisir pengeluaran pajak tanpa melanggar peraturan yang berlaku.

Fungsi Manajemen Perpajakan

Manajemen Perpajakan meliputi berbagai pembahasan. Berikut ini adalah sub bab dalam materi manajemen perpajakan. Untuk lebih jelasnya klik pada link pembahasannya :

  1. Perencanaan Pajak (Tax Planning)
  2. Tujuan Perencanaan Pajak / Tax Planning
  3. Manfaat Perencanaan Pajak
  4. Langkah-langkah dan tahapan dalam perencanaa pajak
  5. Strategi Perencanaa Pajak
  6. Strategi Penghematan Pajak Melalui Badan Usaha
  7. Tax Planning PPh Pasal 21/26
  8. Tax Planning PPh Pasal 22, Pasal 23/26 dan PPh Final
  9. Tax Planning PPN
  10. Tax Planning PPh Badan
  11. Manajemen Rugi Fiskal dan Strategi Perpajakannya
  12. Manajemen Penutupan Usaha dan Strategi Perpajakannya
  13. Strategi Menghadapi Pemeriksaan
  14. Perencanaan Pajak Akhir Tahun.

Terimakasih telah membaca Ensiklopedia 1 : Dasar-Dasar Manajemen Perpajakan

 

Get Free Email Updates!

Signup now and receive an email once I publish new content.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

  • Share on Tumblr



Dilarang menyalin sebagian atau seluruh artikel ini tanpa memberikan LINK atau SUMBERNYA
Dasar-Dasar Manajemen Perpajakan
2 votes, 3.00 avg. rating (71% score)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>