Inilah daftar lengkap produk Google – Raksasa Internet

Mungkin anda bertanya mengapa google bisa menjadi sangat unggul? Apa sajakah produk google yang ditawarkan sehingga google itu menjadi sangat merajai dunia seperti yang sekarang ini. Mungkin karena setiap apa yang kita butuhkan selalu saja google ini mampu untuk menyajikan apa yang sedang kita butuhkan saat itu dengan produk google itu. Semua kalangan bisa mengaksesnya, tidak mengenal itu anak-anak, remaja ataupun dewasa semuanya dapat menggunakan manfaat dari adanya produk google itu sendiri.

Sejarah Google

Goole Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan dari Amerika serikat yang berperan dalam pencarian internet, cloud computing, serta teknologi iklan online dan perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry page dan sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di universitas stanford. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 %. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 september 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 agustus 2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah “To organize world’s information nad make it universally accessible and useful” (untuk mengatur seluruh informasi didunia dan membuatnya bisa di akses dan berguna bagi semua orang), dan slogan resminya adalah “Don’t Be Evil” (janganlah menjadi jahat). Pada tahun 2006 perusahaan ini berpindah markas ke mountain view, california.
Perkembangannya sejak perusahaan ini dibuka telah mencetuskan berbagai macam produk, merger dan persekutuan dibalik mesin pencari perusahaan ini. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online diantaranya email, paket aplikasi perkantoran, komputerisasi awam dan situs jejaring sosial. Produk google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan secara instan. Google memimpin perkembangan dari Android, sistem operasi mobile, juga google chrome OS sistem operasi berbasis web yang ditemukan pada netbook khususnya yang dinamakan chromebook. Google telah diperkirakan sudah menjalankan 1.000.000 server dipusat data diseluruh dunia. Dan telah memproses lebih dari 1 milyar pencarian dan sekitar 24 petabyte data dari pengguna setiap hari.
Pada bulan september 2009, Alexa mencantumkan situs utama google.com (yang terfokus pada Amerika Serikat) sebagai website yang paling banyak dikunjungi di internet, dan website Google internasional lainnya diseratus teratas, juga website-website yang dimiliki google seperti youtube, blogger dan orkut. Google juga berada diperingkat kedua di database brand equity, brandz. Posisi pasar yang dominan dari laman google berperan sebagai sumber kritik pada perusahaan ini dari masalah privasi, hak cipta dan sensor.

Daftar Lengkap Produk Google

Google telah membuat berbagai macam layanan dan peralatan yang digunakan untuk lingkungan masyarakat dan bisnis, diantaranya termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi para pebisnis. Ini lah berbagai produk google itu :
1)      Periklanan
Untuk melakukan periklanan atau memasang iklan di google anda dapat menggunakan produk google di bawah ini:
a)      Google Adsense, yaitu suatu jasa penawaran iklan kepada pemilik web, dimana iklan tersebut akan dapat ditampilkan pada halaman web yang relevan dengan kata kunci.
b)      Google Adwords, yaitu suatu jasa periklanan oleh google, dimana iklan yang tampil hanya iklan yang relevan dengan konten dari halaman web.
Kebanyakan dari pendapatan google berasal dari program periklanan.untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya. Pendapatan uang dari iklan ini ialah ketika setiap orang mengklik dari iklan itu sendiri.
2)      Aplikasi pencarian
Produk google yang selanjutnya yaitu aplikasi pencarian, dimana dengan produk google yang yang ini anda dapat melakukan segala jenis pencarian didalam aplikasi pencarian ini. Ada berbagai macam dari aplikasi pencarian ini, yaitu:
a)      Google Search. Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan karena google memiliki miliaran halaman web, dalam pangsa pasar google sebanyak 53,6%, yahoo! (19,9%) dan live search (12,9%).
b)      Google maps, yaitu layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile dan juga tersedia untuk komputer personal.
c)      Google Earth, yaitu layanan dari produk google yang digunakan untuk melihat peta bumi. Google earth ini sangat lah akurat dalam melayak suatu tempat dari mulai pejalan kaki, fisik infrastruktur yang rusak, pangkalan dal lain sebagainya dapat dicari melalui google earth ini.
d)     Google Books, yaitu suatu layanan dari produk google untuk melihat dan mencari buku.

3)      Komunikasi
Komunikasi juga salah satu yang termasuk dalam produk google, diantaranya yaitu ;
a)      Gmail, pada tahun 2004, google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya yang disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi google untuk mencari surel. Layanan ini juga mendatangkan keuntungan dengan menampilkan periklanan dari layanan Adwords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan dilayar.
b)      Google Drive, yaitu layanan dari produk google yang digunakan untuk menyimpan data yang terhubung dengan layanan google Docs.
c)      Google Docs, yaitu layanan dari produk google digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen.
d)     Google Chrome, merupakan produk google yang berbntuk browser yang cukup cepat dan tampilannya pun minimalis.
4)      Telepon genggam
Produk google yang selanjutnya yaitu telepon genggam yang diumumkan pada 5 november 2007 yang berbentuk android, yaitu sebuah platform perangkat lunak dan sistem operasi bagi perangkat bergerak yang didukung open handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak, perangkat keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar terbuka bagi perangkat bergerak. Dan pada bulan september 2008, T-Mobile merilis ponsel pertama yang berjalan pada platform Android yakni G1.
5)      Promosi produk google
Di london, google space didirikan di bandar udara heathrow yang menampilkan berbagai produk google, termasuk diantaranya yaitu Gmail, Google Earth dan picasa. Dan juga sebuah halaman yang sama diluncurkan untuk para mahasiswa Amerika dibawah nama College life, Powered by Google.
6)      Produk turunan
Produk google selanjutnya yaitu produk turunan. Pada tahun 2007 google meluncurkan Google Apps Premier Edition, sebuah versi lain Google Apps yang difokuskan terutama pada pengguna bisnis. Produk ini memiliki beberapa tambahan seperti ruang disk lebih banyak untuk e-mail, akses API, dan penyokong utama, dengan harga USD 50 per pengguna per tahun. Sebuah pertemuan besar google Apps dengan 38.000 pengguna dilaksanakan di Universitas Lakehead di Thunder Bay, Ontaria, Kanada. Pada 13 desember 2007, google mengumumkan peluncuran terbatas Knol, sebuah situs web yang ditujukan sebagai sumber referensi pengetahuan. Knol dibuka bebas kepada semua pengguna pada 23 juli 2008
7)      Hiburan
Produk google yang selanjutnya yaitu hiburan, diantaranya yaitu: Google Video. Pada awal 2006 perusahaan ini meluncurkan Google video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis tetapi pengguna juga diperbolehkan  menyebarkan dari isi video tersebut.

produk google

8) Blogger
9) Youtube
10) Android
11) Webmaster Tools
12) Google Sandbox
13) Google Drive
14) Google Mail (Gmail)
15) Lainnya
Produk google lainnya yaitu :
a)      Google Analytics, yaitu layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
b)      Google SMS, pada bulan oktober 2007 layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat.

Demikian produk google yang dapat admin posting semoga menjadi informasi yang bermanfaat. Terima kasih.

 

 

 

 

  • Share on Tumblr



Dilarang menyalin sebagian atau seluruh artikel ini tanpa memberikan LINK atau SUMBERNYA
Inilah daftar lengkap produk Google – Raksasa Internet
6 votes, 4.67 avg. rating (93% score)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>