Cara Mengetik Huruf Bahasa Arab di Komputer

Cara mengetik bahasa Arab dikomputer untuk di zaman yang serba canggih dan modern ini sangatlah penting. Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang termasuk bahasa percakapan internasional dan juga bahasa yang sangat di tinggikan oleh kaum muslimin. Bahasa arab merupakan bahasa yang sama pentingnya seperti halnya bahasa – bahasa asing lainnya yang harus dapat bisa di pelajari oleh kita sebagai kaum muslimin. Berbicara muslim atau islam tidak akan terlepas dari yang namanya Alqr’an dan hadist dan semuanya itu memakai bahasa arab.

Dalam zaman era globalisasi ini banyak orang yang meremehkan bahasa arab bahkan tidak banyak orang yang mulai melupakan bahasa arab ini. Mereka sekarang pada berlomba – lomba untuk mempelajari dan lebih suka dengan bahasa inggris jepang, jerman dan bahasa – bahasa lainnya.

Sebagai muslim ane merasa tergugah untuk terus mempertahankan salah satu tradisi islam yaitu mempertahankan bahasa arab sebagai bahasa pemersatu warga islam dan juga sebagai bahasa internasional. Dengan mempertahankan tradisi brarti juga termasuk jadi orang yang peduli terhadap sesuati yang di pertahankan itu ( islam).

Ketika agan membeli sebuah komputer agan mungkin sudah langsung mendapat cara untuk menulis bahasa inggris beda halnya dengan cara penggunaan penulisan bahasa bahasa arab, yang jarang orangnya tau caranya agar dapat menulis bahasa arab dengan menggunakan keyboard komputer.

Bagi agan yang suka dengan berbau – bau religy mungkin sangat sekali ingin menulis bahasa arab dengan menggunakan keyboard komputer agan. Ternyata cara menulis bahasa arab di komputer  ini agan ga usah mencari aplikasi apa yang harus agan cari dan install. Agan hanya perlu melakukan pengaturan pada language nya aja.

Agan mungkin ketika bertemu dengan tugas yang berbau religy apalagi jika ada tugas yang mengharuskan agan menulis bahasa arab. Jika agan menulis dengan cara manual pasti agan akan merasa parno ketika penulisan arabnya tidak dengan cara di ketik juga pake keyboard komputer agan tetapi agan menulis nya dengan cara manulis sama halnya dengan orang yang gaptek, semoga kali ini ane dapat sedikit membantu agan agar bisa ngetik langsung dengan menggunakan keyboard agan sendiri dan ga akan ada rasa jadi orang yang gaptek.
Langkah pengaturan Language :

Pertama masuk ke control panel, lalu klik “Clock, Language, and Region”

Setelah itu klik “Region and Language”,

Lalu ikuti langkah berikut (klik gambar untuk memperbesar),

klik Add  bahasa Arab ( bisa bahasa arab Iraq dan lain nya karena bahasa arab ini banyak pilihannya, gimana keinginan pilihan agan aja, kalau ane pake yang bahasa arab dari Iraq )

setelah itu klik icon language di taksbar dan pilih yang barusan agan tambahkan

Bentuk penulisan pada keyboard mungkin bisa agan coba sendiri pada keyboard komputer yang agan punyai. Cobalah sendiri oleh agan cara tersebut sampai agan berhasil menggunakannya dan agan dapat menambah dan menyimpan pada setting language pada komputer agan sendiri. Setelah punya gunakanlah dengan benar dan baik, dan lakukan lah oleh agan sebagai makhluk insan Tuhan yang taat dan sebarkanlah kebaikan dengan tulisan – tulisan agan yang berbahasa arab itu. Begitulah tentang sekelumit cara menulias bahasa arab di komputer smoga agan dapat mempraktekannya dengan mudah dan dapat bermanfaat buat agan yang baca postingan ini.

 

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *