Blog Gado-Gado, bukanlah blog biasa!

Istilah blog gado-gado bukanlah suatu hal yang asing di telinga dan mata para blogger (penulis blog). Blog gado-gado, disebut demikian karena diserupakan dengan makanan gado-gado yang terdiri dari berbagai jenis pangan dicampur dalam 1 tempat, kemudian menjadi sebuah makanan yang lezat.

Demikian pula dengan yang dimaksud blog gado-gado. Sebuah blog yang tidak membahas satu kategori niche saja, melainkan segala macam niche atau topik menjadi bahan publikasi pada blog tersebut. Salah satu contoh blog gado-gado adalah blog ini, ensiklopedia1.com

Kelebihan Blog Gado-gado

  1. Cakupan bahasan sangat luas, memungkinkan penulis blog untuk selalu mendapatkan ide menulis karena tidak dibatasi oleh suatu tema atau topik.
  2. Memungkinkan pengunjung membaca artikel menarik lainnya meskipun beda topik bahasan.
  3. Desain tampilan blog lebih banyak pilihan, karena blog gado-gado biasanya lebih “rame” tampilannya.

Kekurangan Blog Gado-Gado

  1. Kurang memiliki ciri khas di mata pengunjung/visitor
  2. Kemampuan produktifitas menulis artikel harus ekstra
  3. Harus sering di update (lebih sering)
  4. Kurang cocok untuk membuat artikel abadi.

Mana yang Lebih Baik?

Setelah menguraikan beberapa kelebihan dan kekurangan blog gado-gado, lalu mana yang lebih baik? Secara pribadi, penulis beranggapan bahwa blog niche dengan topik yang terarah lebih baik daripada blog gado-gado. Dengan mengkhususkan suatu blog untuk menulis artikel terarah, maka nilai blog menjadi lebih unggul di kategori tersebut.

Pengunjung akan menancapkan nama domain blog anda di pikiran mereka sebagai blog yang khas. Blog yang khusus. Begitu mereka menyenangi kategori tersebut, maka mereka akan melakukan kunjungan balik ke blog anda berkali-kali untuk menanti tulisan baru anda.

Dapatkah Menguangkan Blog Gado-Gado?

Jawabannya, tentu saja bisa. Blog gado-gado bisa menghasilkan uang melalui bisnis PPC (adsense), affiliate, ataupun space iklan mandiri. Contohnya tentu saja sangat banyak sekali, seperti blog berita, blog ensiklopedia, dan lain sebagainya.

Meski demikian, untuk menguangkan blog gado-gado sebenarnya lebih sulit dibandingkan dengan blog niche. Anda harus lebih ekstra dalam melakukan update artikel, minimal 2 kali lebih sering daripada blog niche.

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *