Apa Itu Visi?

Dalam tataran organisasi atau sebuah lembaga sangatlah penting untuk membuat atau menentukan sebuah visi untuk mencapai sebuah tujuan dalam organisasi atau lembaga tersebut. akan tetapi sudahkah kita tahu apa itu visi? dan lagi visi ini tidak akan terlepas dengan yang namanya misi, karena visi dengan misi ini sangatlah berkaitan.

Pengertian Visi

Visi adalah suatu pemikiran jauh kedepan tentang sebuah lembaga ataupun perusahaan dan lain-lain. visi dapat juga diartikan sebagai tujuan jangka panjang dan cara apa yang harus digunakan untuk mencapai sebuah tujuan dari suatu perusahaan ataupun lembaga. oleh karena itu perubahan dari suatu ilmu dan situasi dalam jangka yang panjang, maka dari itu visi tidak dapat digambarkan secara lebih jelas, oleh sebab itu visi menerangkan tentang detail dari gambaran sistem yang ditujunya.

Menurut Wibisono (2006, P. 43), pengertian visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai dimasa depan. dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelstarian dan kesuksesan jangka panjang. dalam visi suatu organisasi juga terdapat nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan, seperti yang diungkapkan oleh kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000, 122), visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditangulangi, kelompok masyarakt yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.

Dalam hal pencapaian suatu tujuan diperlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya secara umum bisa dikatakan bahwa sebuah visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang akan direncanakan untuk mencapai suatu tujuan.

syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuat pernyataan visi ini adalah sebagai berikut:

  • berorientasi kedepan

sebuah visi disini dibuat oleh suatu organisasi atau lembaga untuk menentukan sebuah tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu organisasi atau lembaga tersebut. biasanya dengan visi inilah suatu lembaga itu akan menemukan suatu capaian kesuksesan nya. karena visi ini sifatnya jangka panjang dan tidak bisa visi ini dicapai dalam jangka waktu yang sangat singkat.

  • tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini

visi dibuat untuk jangka yang akan dating, maka dari itu perlu orang-orang yang ahli dalam perencanaan, karena sebuah visi ini sangat mentukan seberapa besar dan seberapa lama kah suatu lembaga itu akan bertahan dan kemudian seberapa berhasilkah lembaga tersebut untuk mencapai ketahap kesuksesan.

  • mengekspresikan kreatifitas

dalam menentukan atau membuat visi ini tidak bisa hanya sekedar membuat asal saja, disilah imajinasi dan kreatifitas dari orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi atau lembagalah yang nantinya akan menentukan sebuah keberhasilan dari sebuah lembaga atau oraganisasi tersebut. karena organisasi atau lembaga itu hanyalah benda mati, bagaimana orang-orang yang ada di dalamnya lah yang mengisi dan berkreasi mau di bawa kearah manakah organisasi atau lembaga itu dijalankan.

  • berdasarkan pada prinsip-prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

sudah jelas visi itu dibuat untuk mencapai sebuah tujuan suatu lembaga dalam jangka waktu yang panjang, tentunya visi ini dibuat dengan berbagai pertimbangan dan perencanaan agar sebuah visi ini menjadikan nilai-nilai positif bagi organisasi atau lembaga tersebut.

Tujuan Penetapan Visi Perusahaan

Sebuah perusahaan dibuat tentunya mempunyai sebuah tujuan khusus, nah disini ada tujuan penetapan visi perusahaan yaitu sebagai berikut:

  • mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
  • memiliki orientasi pada masa depan perusahaan.
  • menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan.
  • menentukan arah dan focus strategi perusahaan yang jelas.
  • menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan.

Syarat Dan Kriteria Visi Perusahaan

perusahaan dalam membuat sebuah visi haruslah memenuhi syarat dan kriteria agar capaian visi tersebut terlaksana, yaitu sebagai berikut:

  • dapat di khayalkan atau dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
  • dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
  • berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman.
  • memiliki nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan.
  • terfokus pada permasalahan instansi perusahaan agar dapat beroperasi.

Pengertian Misi

misi adalah sebuah keinginan yang harus dicapai oleh perusahaan atau lembaga dalam usaha untuk mewujudkan visi tersebut. suatu alas an dan tujuan mengapa sebuah perusahaan atau lembaga itu dibuat merupakan arti dan misi dari perusahaan atau lembaga tersebut. misi ini sangat penting dalam memberikan arah dan batasan-batasan dalam proses pencapaian tujuan.

Perbedaan Antara Visi Dan Misi

Visi merupakan sebuah pemikiran tentang masa depan, ingin menjadi seperti apakah perusahaan, lembaga atau organisasi tersebut. menentukan sebuah visi sama halnya dengan menentukan sebuah tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi atau lembaga. sedangkan misi adalah suatu strategi atau langkah untuk mencapai visi tersebut. maka dari itu misi juga sangat penting untuk kita perhatikan, karena kunci dari kesuksesan dari sebuah visi perusahaan atau lembaga inilah ditentukan dengan bagaimana kita menentukan dan menjalankan sebuah misi dari perusahaan atau lembaga tersebut.

jadi kesimpulannya adalah visi merupakan sebuah gambaran, pemikiran atau tujuan sebuah perusahaan atau lembaga dimasa yang akan datang. sedangkan misi adalah tata cara untuk mencapai tujuan tersebut. terkadang sebuah misi ini diubah sedemikian rupa apabila visi masih belum juga tercapai. akan tetapi visi tidak boleh dirubah, oleh karena itu visi jika dirubah-rubah maka akan terkesan tidak konsisten tujuan masa depannya suatu perusahaan, lembaga ataupun organisasi tersebut.

Demikian sedikit pemaparan tentang visi, semoga kita semua sudah bisa menjawab pertanyaan tentang apa itu visi? karena sebuah visi ini sangatlah penting bagi perusahaan atau lembaga. suksesnya sebuah perusahaan akan terlihat dari visi apa yang sudah mereka buat dan sedang mereka jalankan untuk mencapai sebuah visinya tersebut.

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *