Apa itu COD?

Di zaman yang serba modern dan serba canggih ini, segala hal yang tidak mungkin menjadi mungkin saat ini, bahkan dalam hal yang harusnya ditempuh dengan jarak yang jauh sekalipun sekarang menjadi sangat cepat, dengan adanya pasilitas internet dan sosial media. Sekarang hal yang marak sekali kita dengar dan sering kita jumpai yaitu mengenai COD. Sebenarnya apa itu COD? Mungkin kita sering dengar atau pun kita sudah pernah melakukan yang namanya COD. Akan tetapi. Apakah kita sudah tahu apa arti dari COD tersebut. Istilah COD ini biasanya dilakukan saat melakukan jual beli online untuk produk-produk tertentu, disitulah kita sering dengar yang namanya COD (Cash on Delivery).

COD atau sering disebut dengan Cas On Delivery ini adalah berasalah dari akar kata “Cash” dan “Delivery” yang berarti bahwa COD (Cash on Delivery) adalah layanan dimana konsumen atau pembeli sepakat dengan penjual untuk membayar barang yang akan dibeli tersebut yaitu ketika barang yang dibelinya itu sampai ke alamat pengiriman (sampai ke alamat pembeli). Alamat pembeli ini bisa alamat rumah, alamat kantor ataupun alamat dimanapun yang memang pembeli itu sedang berada di alamat tersebut. Jadi dalam hal ini tidak ada yang namanya “membeli kucing dalam karung”. Begitu barang tersebut sudah sampai ke alamat pembeli dan sudah pembeli buka dan lihat, kemudian pembeli cek sesuai dengan kondisi yang memang tadinya di informasikan atau di iklankan oleh si penjual, setelah itu baru pembeli melakukan pembayaran barang beliannya tersebut sesuai dengan kesepakatan sebelumnya dilakukan.

Semua perusahaan atau toko yang resmi dal legal tidak akan pernah menolak sistem layanan COD (Cash on Delivery). Karena COD (Cash on Delivery) ini tidak merugikan mereka sama sekali. Justru toko atau perusahaan yang menolak layanan COD (Cash on Delivery) besar kemungkinan adalah toko penipuan. Kita harus waspada, karena mereka atau toko itu memang tidak memiliki barang tersebut jadi bagaimana bisa diantar. Otomatis mereka hanya mengarang-ngarang cerita saja mereka punya ini dan itu, tapi nyatanya mereka tidak mempunyainya, mereka hanya berniat ingin menipu kita saja.

COD = Ada barang dan ada uang.

Jangkauan Layanan COD

Meskipun COD (Cash on Delivery) adalah salah satu alternatif dari transaksi yang paling baik untuk melakukan bisnis online, akan tetapi ada beberapa pengecualian yang harus kita pahami.

  • COD (Cash on Delivery) tidak bisa melayani seluruh wilayah. Hal ini sudah jelas karena tidak mungkin barang dari jakarta diantarkan langsung kerumah pembeli yang berada di alamat aceh. Emangnya kita mau membayar tiket pesawat PP jakarta – aceh? Tentunya tidak bukan? Jadi, layanan COD (Cash on Delivery) biasanya terbatas untuk satu wilayah saja. Misalnya COD (Cash on Delivery) hanya untuk jakarta, COD untuk wilayah surabaya, COD untuk wilayah karawang, COD hanyan untuk wilayah bandung, dan sebagainya.
  • COD (Cash on Delivery) kadang menggunakan tambahan ongkos kirim tertentu. Hal ini juga wajar karena lokasi kita yang sudah berada diluar jangkauan layanan COD toko atau penjual tersebut. Contohnya misalnya sebuah toko berlokasi di karawang dengan memberikan layanan COD di karawang saja. Kalau kita masih berada di wilayah karawang maka kita tidak akan dikenakan biaya tambahan, tapi kita jika berada diluar karawang maka ada kemungkinan kita akan dikenakan biaya tambahan seperti Rp 15.000 untuk diantar ke luar karawang. Bisa saja untuk diluar karawang yang cukup jauh jaraknya penambahan biaya pun akan semakin besar misalnya dikirim ke luar wilayah jawa barat bisa akan dikenakan tamnbahan biaya lebih dari Rp 30.000. karena setiap toko atau penjual mempunyai kebijakan masing-masing.

Jadi, pastikan bahwa toko tersebut memang menerima layanan COD. Jika masaih satu wilayah datangi saja langsung toko tersebut. Pastikan juga lokasi alamat kita sesuai dengan jangkauan layanan COD dari toko atau penjual tersebut. Jika diluar jangkauan kungkin akan dikenakan biaya tambahan untuk melakukan COD.

Tips melakukan COD (Cash on Delivery)

COD (Cash on Delivery) merupakan metode jual beli online yang dilakukan dengan cara bertemu langsung antara pembeli dan penjual ditempat yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Karena metode ini lebih aman dari pada menggunakan sistem transfer uang terlebih dahulu. Akan tetapi pelaksanaan COD ini banyak sekali yang menyalahgunakan, misalnya sering terjadinya tindakan kriminal, maka dari itu alangkah lebih baiknya kita berhati-hati ketika ingin melakukan COD (Cash on Delivery).

Beberapa tips aman untuk melakukan COD (Cash on Delivery), yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan identitas penjual dan pembeli

Hal ini memastikan jika penjual dan pembeli benar-benar tidak mempunyai i’tikad jelek atau menipu. Hal yang perlu dipastikan adalah nama asli, alamat rumah, dan nomor handphone. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga kita jika barang yang kita beli ini ternyata palsu atau tidak sesuai dengan yang di iklankan. Dengan begitu kita bisa langsung menghubungi penjual dan mengembalikan barang tersebut.

  • Jangan melakukan COD sendirian

Maraknya terjadi tindakan kriminal di negara indonesia ini, maka dari itu langkah baiknya kita kita selalu waspada dan berhati-hati, apalagi pada saat kita akan melakukan transaksi COD sendirian sebaiknya itu dihindari guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Alangkah baiknya saat kita akan melakukan COD kita mengajak seorang teman. Gunanya mengajak seorang teman adalah bisa sebagai saksi transaksi agar tidak terjadi penipuan maupun perampokan dan juga menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat pelaksanaan COD.

  • Pilih tempat COD

Hal yang paling penting dilakukan adalah pilihlah tempat yang paling aman untuk melakukan COD demi keamanan masing-masing pihak. Tips untuk memilih tempat yang aman untuk  COD, yaitu sebagai berikut:

  • Pilihlah tempat yang tidak sepi untuk menghindari tindakan kriminal.
  • Pilih tempat yang ramai. Ramai dalam artian tidak terlalu banyak orang yang lalulalang disekitar tempat tersebut, hal ini sama juga untuk menghindari tindakan kriminal juga.
  • Pilih ditempat makan atau cafe.
  • Pilih ditempat parkir yang terdapat cctv.
  • Jika ingin COD dipinggir jalan maka pilihlah didekat POS POLISI dan ada polisi yang berjaga di pos tersebut. Hal itu lebih aman dari pada didepan rumah orang.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa itu COD. Semoga bermanfaat bagi para pembeli online yang sering melakukan COD. terima kasih.

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *